Anggaran PKK Tahun 2011 Dipangkas

PURBALINGGA (RSP)– Alokasi APBD Kabupaten Purbalingga untuk Gerakan PKK Tahun 2011 mengalami penurunan sebanyak 32,3% dari senilai Rp. 975 juta pada tahun 2010 menjadi Rp. 660 juta. Penurunan anggaran ini disebabkan gerakan PKK di tingkat desa sudah dibiayai melalui Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga konsentrasi anggaran APBD untuk Gerakan PKK hanya mencakup tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

Penggunaan dana PKK harus lebih efektif dan efisien terutama untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dan tidak boleh keluar dari 10 Program PKK yang menjadi dasar Program Kerja Tahunan

“Kalau ada yang tanya kenapa uang untuk rakyat tidak dibagikan langsung ke rakyat tapi harus melalui PKK misalnya? Tentu agar kemanfaatannya jauh lebih besar dibanding langsung dipakai secara konsumtif oleh masyarakat,” kata Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko saat melantikan anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Sabtu (19/2) .

Bupati Heru mengingatkan agar pada Rapat Konsultasi usai Pelantikan, yang membahas Program Kerja setahun, disesuaikan pula dengan prioritas pembangunan lima tahun kedepan yang sejalan dengan 8 sasaran pembangunan milenium (MDGs). Kedelapan sasaran itu antara lain Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim, Pemerataan pendidikan dasar, mendukung adanya persaman jender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya, menjamin daya dukung lingkungan hidup serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Wajah Baru

Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten tahun 2011 didominasi wajah-wajah lama. Ny Erni Tasdi menjadi salah satu wajah baru yang disebut Bupati Heru dalam sambutannya. Istri Ketua DPRD Purbalingga ini menempati posisi sebagai Wakil Ketua II di bawah Ny. Sudarli Heru Sudjatmoko dan Ny. Erna Sukento Ridho Marhaendrianto.

Dari 35 anggota yang dilantik, sebagian besar adalah istri-istri para pejabat baik yang masih aktif maupun telah pensiun. Tak hanya para ibu, ada empat orang laki-laki yang telah beberapa periode tercatat sebagai anggota Tim Penggerak PKK, seperti Windu Hartono, Widyantoro, Supriyanto dan Aji Sumbodo. (RSP/cie-hr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s