20 Siswa SMPN 1 Purbalingga Ikuti Kunjungan Belajar di BPGHS Singapore

PURBALINGGA (RSP) – Sebanyak 20 siswa-siswi kelas 7 hingga 9 SMPN 1 Purbalingga (Jateng) akan mengikuti kunjungan belajar di Bukit Panjang Govermenth High School (BPGHS) Singapore. Kunjungan delegasi ini akan dilakukan selama lima hari tanggal 5 – 10 Maret 2011. Siswa yang dikirim merupakan hasil seleksi penjaringan dari sekitar 600 anak.

Kepala SMPN 1 Purbalingga Drs Agus Triyanto, M.MPd mengatakan, dipilihnya BPGHS Singapore karena memiliki kedisiplinan yang tinggi, menerapkan komitmen aturan yang ketat dalam dunia pendidikan dibanding dengan negara lainnya, dan BPGHS Singapore merupakan satu-satunya sekolah yang dijadikan cagar budaya Melayu.

“Kerjasama dengan BPGHS sudah berlangsung sejak tahun 2007, secara bergantian SMPN 1 Purbalingga dan BPGHS mengirimkan siswa-siswinya untuk melakukan kunjungan belajar,” kata Agus yang didampingi ketua panitia  Nurhadi Santosa, S.Pd, Jum’at (11/2).

Disebutkan Agus, calon peserta delegasi disaring melalui tiga jalur mekanisme seleksi. Jalur pertama melalui seleksi peserta english club yang mengambil 4 orang. Jalur kedua dari seleksi umum siswa pada tanggal 7 – 8 Pebruari 2011 lalu. Melalui jalur ini diambil 15 orang, dan jalur ketiga merupakan penghargaan kepada satu siswa berprestasi. Untuk satu siswa berprestasi baik di sekolah masih tengah dipilih oleh panitia dan kepala sekolah dengan mengacu berbagai pertimbangan.

”Siswa-siswi yang akan dikirim sebagai delegasi merupakan siswa-siswi pilihan. Kami tidak memandang status dan pekerjaan orang tua. Mereka murni hasil seleksi yang ketat oleh panitia, bukan ditentukan oleh kepala sekolah. Mereka tidak saja mewakili Purbalingga, tetapi menjadi wakil Indonesia, jadi seleksi kami lakukan secara ketat termasuk wawancara juga,” kata Agus sembari mengatakan ada beberapa pejabat dan orang tua siswa yang menghubunginya melalui telepon dan SMS agar anaknya bisa lolos seleksi dan menjadi salah satu peserta delegasi.

Sementara itu ketua panitia Nurhadi Santosa menambahkan, untuk menambah bekal kepada calon peserta, pihaknya akan melakukan pemantapan penguasaan bahasa Inggris, pelatihan seni budaya dan kreatifitas, sertapemantapan kemandirian dan refleksi kepribadian.

Salah seorang calon peserta delegasi kunjungan belajar Karunia Pramanti Putri, siswi kelas 8 H mengatakan, dirinya senang karena bisa lolos seleksi dan menjadi salah satu peserta.

”Kesempatan ini sungguh luar biasa dan tidak akan terulang di lain kesempatan. Untuk itu, saya akan berusaha keras untuk menjadi peserta yang baik dan membawa harum nama sekolah, nama Kabupaten Purbalingga dan tentunya negara Indonesia,” ujarnya. (RSP/y-hr)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s