Pecakuba Ikuti Lomba Tani Ternak Kambing Tingkat Nasional

PURBALINGGA (RSP) – Kelompok tani ternak kambing Peranakan Etawa Candiwulan Kutasari Purbalingga (Pecakuba) mengikuti lomba tingkat nasional. Kelompok tani ternak Pecakuba yang berdiri tahun 2003 lalu, saat ini sudah memiliki 300 ekor kambing peranakan etawa.

Penyuluh Ternak Kutasari Lulut Hasri Saptini membenarkan, kelompok tani ternak tersebut mewakili provinsi Jawa Tengah maju ke tingkat nasional. Dalam lomba tingkat nasional yang akan dilaksanakan Juni mendatang, tim juri akan menilai dari sisi aspek lapangan maupun aspek administrasi. Dari sisi aspek lapangan akan dilihat kandang, pakan, maupun penggunaan teknologi, serta ada tidaknya Inseminasi Buatan (IB).

Dijelaskan Lulut, para peternak di Candiwulan, memelihara kambing keturunan etawa untuk dijual bibit, karena secara ekonomi lebih menguntungkan disbanding menjual susu kambing etawa  maupun penggemukan.

“Pemeliharaan belum semuanya secara komunal, karena masih ada peternak yang memiliki kandang sendiri,” ujar Lulut..

Kades Candiwulan Kutasari Sodirin membenarkan, kelompok tani ternaknya akan maju ke tingkat Nasional. Namun untuk memenuhi persyaratan saat ini sedang berupaya mencukupi jumlah minimal ternak untuk dapat maju ke tingkat nasional.

Pasalnya jumlah ternak minimal harus 500 ekor, saat ini baru memiliki 300 ekor, sehingga sedang diupayakan penambahan jumlah kambing dengan dana dari hadiah saat  lomba tingkat provinsi dan menggunakan bantuan kredit ternak dengan bunga rendah. Diharapkan saat tim penilai datang, jumlah ternak sudah memenuhi persyaratan.(RSP/umg)

One thought on “Pecakuba Ikuti Lomba Tani Ternak Kambing Tingkat Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s