Balai Nikah Akan Dilengkapi Sarana Resepsi

PURBALINGGA (RSP) – Pelayanan terhadap proses pernikahan di kabupaten Purbalingga terus ditingkatkan. Setelah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Pernikahan (Simkah) di sebagian besar KUA  yang ada di wilayah kabupaten Purbalingga, kini balai nikah yang ada juga akan dilengkapi dengan sarana resepsi pernikahan.

Dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Purbalingga H Sunaryo, SAg, MPd  dengan adanya sarana resepsi, para calon pengantin tidak perlu menyelenggarakan resepsi pernikahan dirumah. Cukup menikah dibalai nikah sekalian dengan resepsinya.

Dihubungi terpisah, Kasi Urusan Agama Islam (Urais) kantor Kemenag Rochiman SAg, M.H menuturkan, dari 20 balai nikah yang ada dilingkungan kantor Kemenag Purbalingga, hingga akhir 2010 tinggal 2 balai nikah yang belum representative. Yakni balai nikan kecamatan Mrebet 2 dan kecamatan Kejobong.

Menurut Rochiman, pada awal 2010 baru 17 balai nikah yang memenuhi standar. Kemudian pada tahun yang sama satu balai nikah kecamatan Mrebet 1 direhab berat.

” Dalam DIPA tahun 2011, kami kembali mendapat jatah rehab berat balai nikah untuk balai nikah Mrebet 2 dan Kejobong. Dengan demikian pada 2011 ini, seluruh balai nikah di Purbalingga sudah representative,” terang Rochiman.

Selain dua program tersebut yakni Simkah dan penyediaan sarana resepsi, kantor Kemenag melalui seksi urais juga akan terus mengefektifkan contoh (pemeriksaan nikah) dan kursus calon pengantin, dengan memanfaatkan tenggang waktu 10 hari pasca pendaftaran nikah.

Disamping itu juga melakukan pembinaan terhadap 343 Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) yang ada di wilayah kabupaten Purbalingga.(RSP/hr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s