Selama 2010, Inspektorat Kabupaten Menangani 17 Kasus

PURBALINGGA (RSP) – Selama tahun 2010 lalu, Inspektorat Kabupaten menangani 17 kasus aduan dari masyarakat. Dari jumlah kasus yang ditangani tersebut, didominasi oleh pelanggaran PP 30 tentang Disiplin PNS. Ranking kedua terkait permasalahan perangkat desa, sejumlah 4 kasus.

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Purbalingga Susmiati mengatakan, ke empat desa yang ditangani karena bermasalah yakni desa Cilapar Kaligondang, Kradenan Mrebet, Klapasawit Kalimanah dan desa Karangcengis Bukateja.

Diungkapkan Susmiati, Inspektorat Kabupaten bekerja bila ada aduan yang sudah didisposisi oleh bupati, sehingga pihaknya menunggu perintah bupati dalam melakukan pemeriksaan. Bahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) juga harus dilaporan ke Bupati secara langsung.

“Kami tidak memutuskan hukuman yang akan dijatuhkan, namun Inspektorat berwenang memberikan acuan hukuman atas pelanggaran dengan mengacu pada peraturan maupun UU,” jelasnya.

Dituturkan Susmiati, selama ini inspektorat masih kekurangan tenaga pemeriksa, berupa tenaga ahli, terutama bila pemeriksaan bersifat teknis.

Rata-rata pemeriksaan berjalan setengah bulan, untuk pemeriksaan terhadap SKPD yang memiliki anggaran kecil seperti desa/kelurahan maupun kecamatan. Namun bagi dinas dengan anggaran yang banyak, pemeriksaan membutuhkan waktu satu bulan.(RSP/Umang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s