Hujan Sepanjang Tahun, Waspadai OPT

PURBALINGGA (RSP) – Organisme pengganggu tanaman (OPT) seperti tikus, hama kresek dan penggerek batang, selalu muncul pada musim hujan.  Karenanya, petani diminta selalu melakukan pengamatan terhadap tanaman, terutama padi. Apalagi saat ini umur tanamana padi di Purbalingga umumnya masih muda.

“Karena serangan OPT tidak mengenal umur tanaman,”  tutur Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertanhut) Purbalingga Ir Lili Purwati, Kamis (9/12).

Hingga akhir Nopember, serangan penggerek batang telah menyerang lahan tidak kurang dari 61 hektar. Serangan itu termasuk kategori ringan yang melanda 12 kecamatan dengan serangan terluas di kecamatan Padamara. Serangan OPT wereng mencapai 6,5 hektar di empat kecamatan. Masing-masing kecamatan Bukateja, Kalimanah, Padamara dan Kutasari. Kategori ringan seluas 2,8 hektar, kategori sedang 2 hektar dan puso 1,7 hektar di wilayah Padamara.

Serangan hama tikus mencapai luas 40 hektar di 10 kecamatan dengan kategori serangan ringan. Sedangkan hama kresek serangannya mencapai 59 hektar di 9 kecamatan.

Selain OPT, petani di Purbalingga juga mengkawatirkan bencana banjir. Seperti yang terjadi beberapa bulan lalu yang merusak puluhan hektar sawah di desa Penolih, Cilapar dan Tejasari kecamatan Kaligondang. Banjir di empat desa itu mengakibatkan petani tidak bisa panen.

Sementara warga yang berdomisili di daerah dataran tinggi juga dihantui ancaman bencana tanah longsor akibat semakin meluasnya lahan kritis. Di Purbalingga lahan kritis berada di bagian utara, meliputi wilayah kecamatan Karangreja, Karangjambu, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol hingga kecamatan Rembang.

Total lahan kritis di Purbalingga mencapai 7.101 hektar dengan rincian kritis 2.499 hektar dan agak kritis 4.601 hektar. Lahan kritis ini akan dihijaukan melalui program penanaman 1 miliar pohon seluas 4.172 hektar.

“Sisanya akan dihijaukan dalam waktu 3-4 tahun kedepan”, ujar Lily. (RSP/hr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s