HERU : Program OBIT, Kantor Pemerintah Harus Jadi Contoh

PURBALINGGA (RSP) – Penanaman pohon atau penghijauan dilakukan tidak saja di pegunungan sebagai daerah tangkapan air (catchment area), namun juga di wilayah perkotaan. Manfaatkan setiap jengkal tanah untuk ditanami pohon, baik di lingkungan kantor pemerintah, sekolah, rumah sakit, maupun kantor swasta dan perusahaan.

Kantor milik pemerintah, dari tingkat sekretariat daerah hingga kantor kelurahan/desa harus menjadi contoh masyarakat. Disamping mengajak masyarakat untuk menanam pohon, kantor pemerintah harus “action” terlebih dulu.

Bupati Purbalingga Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si., saat membuka pencanangan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, yang dirangkai dengan Hari Menanam Pohon Indonesia “One Billion Indonesia Threes” (OBIT) dan Bulan Menanam Nasional, Rabu siang (8/12) mengatakan, Purbalingga akan menanam pohon sebanyak-banyaknya, minimal “one man one three”.

“Kalau dalam satu keluarga ada 5 jiwa, ya tanamnya minimal 5 pohon, kalau anaknya belum bisa menanam, ya orang tuanya yang harus menanam. Setiap kantor harus menjadi contoh gerakan menanam ini, termasuk contoh dalam perilaku hidup bersih dan sehat. Pemerintah harus menjadi contoh, tidak saja ngomong tok, artinya kalau masyarakat belum kita harus memulai, kalau masyarakat belum kita harus action untuk memulai.”, tegas Heru.

Sementara dalam laporannya Kepala Dispertanhut Purbalingga Lili Purwati mengatakan, kegiatan OBIT 2010 ini memiliki sasaran penanaman pengkayaan hutan rakyat untuk meningkatkan fungsi Daerah Aliran Sungai (DAS) seluar 425 ha, kawasan lindung diluar kawasan hutan seluas 630 ha, penyelamatan dan penghijauan sumber mata air seluas 48 ha, Pengelolaan Lahan dan Air (PLA) Tanaman Pangan dan Hortikultura seluas 200 ha dan optimalisasi tanaman perkebunan seluas 64 ha.

Disamping itu, sasaran lain meliputi Reboisasi Hutan dan Lahan (RHL) pada kawasan hutan Negara seluas 375 ha., penghijauan lingkungan dan RHL dari hasil kebun bibit rakyat seluas 2.250 ha.

Dari program tersebut, kesiapan bibit yang ditanam dari tanggal 1 Pebuari 2010 s/d 31 Januari 2011 sejumlah 2.294.108 batang.(RSP/Umg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s