Selama Ramadhan 1431 H, Bazda Salurkan ZIS Rp. 174,8 Juta

Berita Purbalingga, 29 Juli 2010

PURBALINGGA (RSP) – Dalam bulan ramadhan 1431 H, Badan Amil Zakat daerah (Bazda) kabupaten Purbalingga akan menyalurkan zakat, infak dan sodaqoh (ZIS) senilai Rp. 174,8 juta. Penyaluran ZIS akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan tarowih keliling (Tarling) di 9 wilayah kecamatan se-kabupaten Purbalingga.

Ketua Bazda Purbalingga Drs H Soetarto Rachmat melalui Ketua Bidang Pengumpulan ZIS Drs H Sukarno Prasodjo, mengatakan penyaluran zakat diantaranya kepada para iman masjid dan ustad Tempat Pendidikan Quran (TPQ). Pemberian zakat disampaikan kepada 72 iman masjid, 180 ustad TPQ, 150 Penyuluh Agama Islam, Pengurus Panti Asuhan dan petugas Masjid Agung Darussalam Purbalingga.

“Total zakat sabilillah yang akan disalurkan senilai Rp 101,7 juta. Setiap Imam masjid dan ustad TPQ masing-masing mendapatkan zakat berupa uang tunai senilai Rp. 200 ribu. Demikian pula dengan penerima lainnya,” katanya siang tadiĀ  (29/7).

Selain zakat sabilillah, bazda juga menyalurkan zakat miskin bagi 352 tukang becak. Anak yatim piatu yang berada di sejumlah panti asuhan dan pondok pesantren juga tak luput dari penyaluran ZIS. Tahun ini bazda akan menyalurkan infak bagi anak yatim piatu senilai Rp. 71,1 juta.

“Sesuai hasil rapat pengurus, dalam bulan ramadhan mendatang kami akan mengadakan tarling di sembilan kecamatan. Sekaligus untuk menyalurkan ZIS khususnya bagi imam masjid dan ustad TPQ. Soal jadwal tarling dan lokasi masjid masih akan kami rapatkan lebih lanjut,” jelas Sukarno.

Sukarno menambahkan, pihaknya telah menentukan 9 kecamatan yang menjadi lokasi tarling yakni kecamatan Karangmoncol, Rembang, karangjambu, Karangreja, Pengadegan dan Kejobong. Lainnya adalah kecamatan Bukateja, Kertanegara dan Bobotsari.

“Kami menghimbau kepada para wajib zakat yang belum menyalurkan zakatnya untuk bisa menyalurkan zakat ke Bazda Purbalingga. Zakat ini agar lebih tepat sasaran dan sekaligus juga sebagai pelaksanaan rukun Islam ke-4,” himbau Sukarno yang aktif mensosialisasikan zakat melalui berbagai media.

Dari data yang ada di Rumah Zakat, selama semester I (Januari-Juni) 2010, Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Purbalingga berhasil menghimpun dana Zakat, Infak, Sodaqoh (ZIS) sebesar Rp 311.328.906. ZIS yang dihimpun rumah zakat tersebut terdiri dari dana zakat Rp 264 juta, infak Rp 31,7 juta dan sodaqoh Rp 15,5 juta.

Dari jumlah pengumpulan pada semester I, telah disalurkan untuk delapan ashnaf penyaluran ZIS mencapai Rp 314,6 juta. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s