Bupati Resmikan Rumah Prestasi Sanggaruli Park

Berita Purbalingga, 19 Juli 2010

PURBALINGGA (RSP) – Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko, siang tadi (19/7) meresmikan Rumah Prestasi kabupaten Purbalingga di komplek wisata pendidikan Sanggaruli Park kecamatan Kutasari.

Menurut Bupati, Rumah Prestasi merupakan gambaran prestasi Purbalingga selama 10 tahun di bawah kepemimpinan Triyono Budi Sasongko. Selama kurun waktu 2000 – 2010, Purbalingga menjadi kabupaten yang sarat prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional. Untuk merangkum semua prestasi yang pernah diraih dan dapat dilihat masyarakat umum, maka dibangunlah Rumah Prestasi.

”Rumah Prestasi ini bukan hanya sebagai museum prestasi Purbalingga, tapi juga akan menjadi pusat studi bagi siapapun yang membutuhkan data segala sesuatu tentang Purbalingga,” jelas Bupati Triyono, si pencetus ide pendirian Rumah Prestasi senilai Rp. 351,24 juta yang bersumber dari APBD dan sumbangan Asosiasi Jasa Konstruksi.

Rumah Prestasi yang dibangun berupa dua gedung kembar yang dihubungkan dengan selasar ini rencananya bukan hanya untuk memajang aneka simbol prestasi seperti kejuaraan, penghargaan, dokumentasi kegiatan, produk hukum dan hasil kerja masyarakat selama kepemimpinan Triyono Budi Sasongko. Tapi juga dipersiapkan untuk memajang simbol prestasi bupati-bupati selanjutnya. Bupati Triyono mengatakan, pembangunan Rumah Prestasi ini juga bertujuan untuk memotivasi kepemimpinan selanjutnya untuk lebih berprestasi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati melaunching buku-buku tentang 10 tahun keberhasilan Purbalingga. Bupati juga menetapkan lokasi pembangunan Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) yang seluruh anggarannya berasal dari APBN.

Rencananya, Rusunawa yang dibangun untuk disewakan kepada para pekerja pabrik ini akan bertempat di eks terminal truk Karangmanyar, yang selama ini hanya termanfaatkan untuk latihan mengemudi.

Selain itu,  dicanangkan pula Desa Penusupan Kecamatan Rembang dan Desa Serang Kecamatan Karangreja sebagai Desa Wisata. Menurut Bupati Triyono, pencanangan kedua desa ini sebagai desa wisata untuk memacu perkembangan pariwisata di zona 2 Purbalingga, yang terdiri dari daerah-daerah pegunungan di pinggiran Purbalingga.

”Selama 10 tahun saya menjabat, saya akui, baru mengembangkan pariwisata di zona 1 seperti Kecamatan Purbalingga, Kutasari dan Bojongsari. Itu saja sudah menempatkan Desa Wisata Karangbanjar sebagai Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, mengalahkan Bali, Lombok dan semua wilayah yang memang sudah memiliki sumber daya alam yang luar biasa indah dari Sang Pencipta. Ing ngatase Karangbanjar lho, yang tidak memili sumber daya alam seindah daerah-daerah lain di Indonesia. Apalagi kalau zona 2 dan zona 3 nanti dikembangkan, pasti akan sangat luar biasa,” ujarnya menggebu-gebu dan penuh harap.

Sebelum meresmikan Rumah Prestasi, Bupati Triyono yang akan mengakhiri masa jabatanya pada 27 Juli mendatang, berkesempatan membacakan sebuah puisi “Dari Tiada Menuju Ada” karya Si Pena Hijau. Pena Hijau adalah istilah Triyono karena setiap kali membuat disposisi kepada anak buahnya menggunakan tinta berwarna hijau.

“Ijinkanlah di saat –saat terakhir memimpin purbalingga, saya mencoba membuat puisi yang berisi buah pikir saya, pesan dan kesan saya, rasa syukur dan rasa haru saya terhadap masyarakat purbalingga,” ungkap Triyono sebelum membacakan puisinya. (Hr-RSP)

DARI TIADA MENUJU ADA
KARYA : SI PENA HIJAU

DISINI KU TERLAHIR
DISINI KU BERPIJAK
DISINI KU MERANA
KALA KELAM SELIMUTI PERWIRA
KOSONG, HAMPA, NOL…
OOOO…….HAPUS AIR MATA….

ORANG BILANG INI CAWAN
TIADA MENAWAN
BATINKU, “SIAPA BILANG?”
INI BUKAN SUDRA
YANG TAK PANTAS BERSUKA

KAU MINTA  IKAN, KUBERI KAU KAIL
TAK MUNGKIN BALIK DARI TITIK
BILA MANJA MASIH MENGGELITIK
AYO  BANGKIT!!

KAWAN….
LIHATLAH SEKARANG!
DUKAMU KIAN MEMUDAR
DULU HAMPA KINI TERISI

KAU BILANG, “APALAGI?”

MASIH BANYAK, KAWAN…
TERLALU BANYAK….

GILIRANMU SEKARANG
DARI TIADA, KUYAKIN KAU ADA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s