53 Kursi Sekdes di Purbalingga Kosong, Pemkab Kesulitan cari Sekdes PNS

Berita Purbalingga, 15 Juli 2010

PURBALINGGA (RSP) – Sebanyak 53 jabatan sekretaris desa (sekdes) di kabupaten Purbalingga kosong. Kekosongan sekretaris desa itu berdampak tidak optimalnya penyelenggaraan pemerintahan desa, pemberdayaan desa dan pelayanan kepada masyarakat

Dari data di Bagian Pemerintahan Desa Setda Purbalingga ke 53 sekdes yang kosong berada di 16 kecamatan dari 18 kecamatan di Purbalingga.

Kabag Humas Setda Purbalingga Muhamad Nur Hadi membenarkan, kekosongan sejumlah sekdes di Purbalingga. Berdasarkan ketentuan dan peraturan jabatan sekretaris desa yang kosong harus segera diisi dari PNS yang ada di Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Bahkan Sekda Drs. Subeno MM melayangkan surat edaran kepada SKPD yang telah mendapatkan personil dari CPNS formasi 2009 diusahakan menunjuk PNS yang memenuhi syarat atau dipandang mampu untuk diusulkan sebagai sekdes melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Purbalingga.

Sementara Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Nur Hamam membenarkan, pemerintah kesulitan mencari personil yang akan mengisi jabatan sekdes yang kosong.
Pasalnya criteria menjadi sekdes, disamping bertempat tinggal di desa setempat, minimal pendidikan SMA dan dapat diterima oleh masyarakat. Pekerjaan sebagai sekdes, harus mampu menguasai permasalahan di desa, termasuk masalah pertanahan.
“Untuk menjabat sebagai sekdes, dibutuhkan orang-orang yang cakap dan menguasai seluk beluk desa  dan warganya.Jadi memang tidak mudah dan harus dapat diterima masyarakat,” katanya.

Dituturkan Nur Hamam, pemerintah kabupaten tidak bisa sertamerta menempatkan atau memutasi PNS untuk ditempatkan sebagai sekdes. Resikonya bila sekdesnya tidak cakap dalam bekerja, akan menghambat pembangunan di tingkat desa, termasuk pelayanan kepada masyarakat.
“Sebenarnya kesulitan menempatan PNS sebagai sekdes ini tidak hanya dialami Purbalingga saja, namun juga dialami semua kabupaten/kota,” pungkas Nur Hamam.(Umang/Hr-RSP)

One thought on “53 Kursi Sekdes di Purbalingga Kosong, Pemkab Kesulitan cari Sekdes PNS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s