Sidagori Dijadikan Bunga Identitas Purbalingga

Berita Purbalingga, 14 Juli 2010

Tanaman Bunga Sidagori yang telah ditanam di median-median jalan ingin dijadikan bunga identitas Purbalingga. (Foto : Hr-RSP)

PURBALINGGA (RSP) – Pemkab Purbalingga sedang mengusulkan bunga identitas. Dari pembahasan dengan Bupati dan Kepala Dispertanhut belum lama ini, Bupati triyono mengusulkan tanaman sejenis perdu yang lebih dikenal dengan bunga Sidagori menjadi bunga identitas Purbalingga.

Kepala Dispertanhut Ir Lili Purwati mengatakan saat ini pihaknya sedang mengusulkan dan mencari proses pembentukan bunga identitas bagi Purbalingga seperti yang diusulkan Bupati. “Kami juga sengan mencari diskripsi mengenai bunga itu”, katanya.

Menurutnya, bila usulan bunga identitas itu diterima pemerintah pusat, maka pemkab akan memperbanyak tanaman bunga Sidagori terutama di median jalan dan tempat-tempat umum seperti taman kota, alun-alun dan stadion Goentoer Daryono.

Dari pustaka yang ada, Sidagori merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di tepi jalan, halaman berumput, hutan, ladang, dan tempat-tempat dengan sinar matahari cerah atau sedikit terlindung.

Tanaman ini tersebar pada daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai 1.450 m dpl. Perdu tegak bercabang ini tingginya dapat mencapai 2 m dengan cabang kecil berambut rapat. Daun tunggal, letak berseling, bentuknya bulat telur atau lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pertulangan menyirip, bagian bawah berambut pendek warnanya abu-abu, panjang 1,5-4 cm, lebar 1–1,5 cm.

Bunga tunggal berwarna kuning cerah yang keluar dari ketiak daun, mekar sekitar pukul 12 siang dan layu sekitar tiga jam kemudian. Buah dengan 8–10 kendaga, diameter 6–7 mm. Akar dan kulit sidagori kuat, dipakai untuk pembuatan tali. Perbanyakan dengan biji atau setek batang. Tanaman ini juga bermanfaat sebagai obat herbal. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s