PNS Purbalingga Terima Gaji ke-13

Berita Purbalingga, 06 Juli 2010

Bendaharawan gaji setda Puji Astuti, sibuk melayani pengambilan gaji ke-13. (Foto : HR-RSP)

PURBALINGGA (RSP) – Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemkab Purbalingga terlihat gembira karena telah menerima gaji ke-13. Banyak diantara mereka mengatakan penghasilan tambahan itu digunakan untuk membayar biaya sekolah anak.

Seorang PNS yang bertugas di Setda Purbalingga, Anto mengatakan dirinya bersyukur gaji 13 itu dicairkan sebelum pendaftaran sekolah usai. Ia mengaku seluruh gaji tambahan yang diterima telah dialokasikan untuk membayar sekolah anak yang masih di Taman Kanak Kanak dan memasuki bangku Sekolah Dasar.

“Alhamdulillah mas kami sangat terbantu adanya gaji ke-13. Sejak dua anak kami sekolah, kami memang terbiasa menggunakan gaji ini untuk menutup SPP setahun penuh. Apalagi satu anak kami akan masuk SD, jadi otomatis untuk cadangan biaya masuk,” ungkapnya usai mengambil gaji 13 di aula setda siang tadi (6/7).

Kasubag Pemberitaan dan Media Massa Setda Ir Prayitno MSi mengatakan pemkab Purbalingga telah menganggarkan dana sebesar Rp. 28,12 miliar untuk membayar gaji ke-13 bagi 10.386 CPNS/PNS. Selain itu, pemkab juga menganggarkan dana Rp. 324.600.000 untuk honor tambahan bagi pegawai tidak tetap (PTT).

“Selain PNS, gaji ke-13 memang diberikan kepada PTT dan pensiunan,” katanya.

Dilingkungan Setda, pagi tadi sejak pukul 08.00 telah ada puluhan PNS yang terlihat antre di loket pengambilan gaji. Namun petugas pembayar gaji baru dapat membuka loket pembayaran sekitar pukul 11.00.

Terpisah, Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) C Sumarni mengatakan pihaknya telah membayarkan gaji ke-13 bagi PNS Purbalingga secara serentak pagi tadi (6/7).

Diungkapkan C Sumarni, dasar hukum pemberian gaji ke-13 bagi PNS adanya kebijakan pemerintah pusat yang dikeluarkan dalam bentuk peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor : 22/PB/2010 tentang petunjuk teknis pemberian gaji/pensiun/tunjangan bulan ke 13 tahun anggaran 2010 kepada PNS, pejabat negara dan penerima pensiun/tunjangan.

Besarnya gaji ke-13 diterimakan utuh tanpa potongan kecuali potongan pajak.

“Kami yakin semua telah diterimakan mulai hari ini. Karena sebelumnya kami sudah mengeluarkan edaran kepada satuan kerja untuk mmengajukan SPN paling lambat tanggal 25 Juni lalu,” katanya. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s