Dewan : Musrenbang Ideal Jauh Dari Harapan

Berita Purbalingga, 14 Juni 2010

PURBALINGGA (RSP) – DPRD menilai, Musrenbang ideal yang dilaksanakan selama ini masih jauh dari harapan. Musrenbang saat ini masih menjadi mekanisme formal satu-satunya yang ditempuh dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Purbalingga dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Ketua DPRD Purbalingga H Tasdi SH., MM., mengatakan, dalam Musrenbang banyak aspirasi masyarakat yang masuk dalam rencana pembangunan tidak dapat direalisasikan.

Dijelaskan Tasdi, pelibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan masih dominant bersifat mobilisasi bukan partisipasi. Keterlibatan masyarakat hanya sekedar hadir dan mendengar sebagai saksi bagi jalannya proses tersebut.

“Musrenbang desa yang ditindaklanjuti di tingkat kecamatan, kebanyakan hanya berisi daftar keinginan, bukan kebutuhan masyarakat. Karena kegiatan musrenbang masih dianggap sebagai kegiatan rutin tahunan,” ujar Tasdi.

Untuk itu, Tasdi menegaskan, agar kekurangan dalam Musrenbang dapat diminimalisir, Pemerintah bersama LSM bekerjasamaa untuk memfasilitasi proses musrenbang.

Disamping itu, kepada anggota Dewan Tasdi berharap, masa reses dijadikan sebagai saat penting dalam mencermati dalam menelaah aspirasi yang berkembang selama di tengah musrenbang.

“Dengan demikian anggota dewan dapat membawa hasil reses untuk didiskusikan dalam forum musrenbang tingkat kecamatan maupun kabupaten,” harapnya.

Ketua Dewan Tasdi SH.MM, mengungkapkan hal itu saat memberikan sambutan sekaligus menyajikan materi dalam Semiloka PNPM  yang dihadiri seluruh anggota dewan, kepala SKPD dan ketua badan kerjasama antar desa (BKAD) se kabupaten Purbalingga, di aula obyek wisata Purbasari Pancuran Mas, Senin (14/6).

Semiloka DPRD bertujuan memperkuat komitmen dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu untuk menyamakan pemahaman dan persepsi anggota dewan terhadap visi dan misi PNPM Mandiri Perdesaan. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s