4 SD DAN 10 MI PURBALINGGA MASUK 100 BESAR PROVINSI

Berita Purbalingga, 12 Juni 2010

PURBALINGGA (RSP) – Sebanyak 4 SD di kabupaten Purbalingga masuk dalam 100 besar Provinsi Jawa Tengah. Ke 4 SD tersebut adalah SDN 1 Sindang Mrebet masuk ranking 14 provinsi, SDN 3 Sumampir Rembang ranking 44, SDN 2 Grantung Karangmoncol ranking 60 dan SDN 2 Wlahar Rembang masuk ranking 87 provinsi Jateng.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Heny Ruslanto mengatakan, untuk SD hanya 4 sekolah yang masuk 100 besar provinsi, namun untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), terdapat 10 MI yang masuk 100 besar provinsi.

Ke 10 MI tersebut adalah MI Maarif NU 02 Tamansari Karangmoncol, MI Muhamadiyah 1 Karangtengah, MI Maarif NU 01 Kalijaran, MI Maarif NU 01 Pagedangan, MI Maarif NU 01 Pengadegan, MI Maarif NU Brakas, MI Muhamadiyah Tamansari, MI MUhamadiyah Panican, MI Istiqomah Sambas, dan MI Maarif NU Kemangkon.

“untuk tingkat SD, prestasi Purbalingga di tingkat provinsi Jawa Tengah cukup baik. sedangkan untuk tingkat Kabupaten Purbalingga, SDN 1 Sindang kecamatan Mrebet menjadi yang terbaik,” ungkap Heny.

Secara ranking tingkat kelulusan dan nilai tertinggi, ranking pertama SDN 1 Sindang Mrebet dengan total rata-rata 27,88. Ranking kedua SDN 3 Sumampir Rembang dengan nilai rata-rata 27,51, SDN 2 Grantung Karangmoncol dengan nilai rata-rata 27,39, SDN 2 Wlahar nilai rata-rata 27,18 dan SDN 1 Kalialang Kemangkon nilai rata-rata 27,12.

Nilai Matematika Sempurna

Sementara di SDN 1 Purbalaingga Lor ada 11 siswa mendapatkan nilai sempurna atau 10 pada UASBN mapel Matematika. Kesebelas siswa tersebut, Irmalia Cahya Utami, Nadela Purwaningsih, Nur Litasari, Ulfa Nuraini, Risma Arima, Danang Fajar, Diajeng Ratna, Happy Nurlita, Ilham Syakur, Nisa Astriyanti dan Dwi Hanif.

Kepala SDN 1 Purbalingga Lor Rachma Suswanti, SP.d, mengatakan, kelulusan tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Meskipun sama-sama lulus 100%, namun dari nilainya lebih baik.

“Kami bersyukur tahun ini untuk mapel Matematika terdapat 11 anak yang mendapatkan nilai 10, untuk IPA tetinggi 9,75 dan Bahasa Indonesia nilai tertinggi 9,6. Ini hasil kerja keras berbagai pihak,” terang Rachma.

Menurutnya, keberhasilan ini tidak serta merta datang sendiri, namun SDN 1 Purbalingga Lor menerapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 7,5 dan penambahan jam pelajaran khusus kelas 4 – 6. Bahkan diberlakukan les privat sejak awal kelas 1.

Dari 64 siswa SDN 1 Purbalingga Lor yang lulus tahun ini, sebanyak 32 diterima di SMP Negeri 1 Purbalingga, yang merupakan Sekolah Bertaraf Internasional. (Umang/Hr-RSP)

2 thoughts on “4 SD DAN 10 MI PURBALINGGA MASUK 100 BESAR PROVINSI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s