Mobil Layanan Kesehatan Dhu’afa Mulai Dimanfaatkan Warga.

Berita Purbalingga, 10 Juni 2010

PURBALINGGA (RSP) – Keberadaan Mobil Layanan Kesehatan Dhu’afa (MLKD) milik Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Purbalingga mulai dimanfaatkan warga. Mobil Zuzuki APV Arena yang telah dimodifikasi menyerupai mobil ambulance, sedikitnya telah 20 kali mengantar pasien dhu’afa.

“Sejak mobil ini ada sekitar akhir maret hingga awal Juni ini, saya sudah bertugas sekitar 20 kali,” ungkap Rahmat Basuki staf Bazda sekaligus driver MLKD.

Pertama digunakan, mobil seharga Rp. 150 juta ini dimanfaatkan Ria Kumalasari, seorang pelajar MAN Purbalingga yang mengalami patah tulang kaki. Karena tidak dapat berjalan maka Ria menggunakan MLKD untuk antar jemput dari rumahnya di desa karangpetir ke sekolah selama 3 hari berturut-turut.

Dari data yang ada di Rumah Zakat, warga miskin yang telah memanfaatkan MLKD terjauh merupakan warga Tlahab Lor Kecamatan Karangreja. Selasa kemarin (8/6) salah seorang warga Tlahab Lor mengontak Bazda untuk mengantarkan Khoerul Iksan (14) berobat ke RSUD Margono Sukarjo Purwokerto.

“Bahkan ada warga Kembangan Bukateja yang telah tiga kali diantar jemput MLKD ke RSUD Purbalingga. Dia benar-benar warga miskin yang membutuhkan perhatian Bazda. Beruntung orang tuanya memiliki Jamkesmas,” katanya menambahkan.

Terpisah, Ketua Bidang Pengumpulan Drs. H Sukarno Prasodjo mengatakan Mobil Layanan Kesehatan Dgu’afa merupakan perluasan program Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang telah dilaksanakan Bazda sebelumnya. Sebelumnya ada wacana Bazda Purbalingga akan membuka klinik gratis untuk kaum dhu’afa. Namun karena layanan tersebut telah dilaksanakan di Puskesmas melalui program Jamkesmas dan JPKM, maka Bazda memilih membuat terobosan program MLKD.

Mobil Layanan Kesehatan Dhu’afa adalah program charity yang diharapkan memberikan solusi atas permasalahan sosial yang dihadapi oleh kaum dhuafa.

“Biasanya biaya perbekalan selama pasien dirawat di rumah sakit cukup tinggi, bahkan diakhir pengobatan, pasien miskin masih dihadapkan pada mahalnya biaya transportasi yang harus disewa. Disisi inilah kami berusaha membantu mereka dengan memberikan layanan mobil cepat,” katanya.

Menurut Sukarno Prasodjo, pengadaan mobil ini dilakukan bekerjasama dengan Baznas. Mobil keluaran tahun 2010 ini dibeli seharga Rp. 150 juta. Sebagian dananya berasal dari Baznas yakni Rp. 60 juta dan sisanya merupakan alokasi anggaran Bazda Purbalingga.

“Bagi warga miskin (kaum dhu’afa) di wilayah Kabupaten Purbalingga yang akan memanfaatkan MLKD, dipersilahkan datang ke Rumah Zakat untuk mengisi formulir permohonan. Atau kalau memang darurat dapat menghubungi lewat telphon (0281) 896706. Mengisi formulirnya bisa kemudian,” terang Sukarno yang aktif mensosialisasikan keberadaan Bazda Purbalingga. (Hr-RSP)

One thought on “Mobil Layanan Kesehatan Dhu’afa Mulai Dimanfaatkan Warga.

  1. alhamdulillah, semoga Mobil itu benar-benar bermanfaat untuk kaum dhuafa, bravo bazda purbalingga, ayo kita masyarakat muslim bersegeralah memabyar zakat mal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s