UPK Bojongsari Diresamikan Bupati

Berita Purbalingga, 07 Juni 2010

PURBALINGGA (RSP) – Bupati Purbalingga Drs. Triyono Budi Sasongko MSi. meresmikan gedung Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Bojongsari. Bupati Triyono didampingi Ketua DPRD Purbalingga H Tasdi SH, Ketua TP PKK Hj Ina Triyono dan Muspika setempat.

Peresmian gedung UPK ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita. Gedung UPK Bojongsari dapat terealisasi melalui anggaran kegitan PNPM Mandiri Perdesaan, senilai Rp. 97.000.000 dengan luas gedung 9 x 11,5 meter persegi.

Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko dalam sambutannya mengungkapkan, dengan dimilikinya gedung UPK diharapkan mampu mengiatkan roda perekonomian riil, utamanya sector UMKM. Karena kendala yang sering muncul di bidang usaha berupa minimnya skil SDM, tidak adanya sarana produksi, kurangnya modal dan pangsa pasar.

“Saya kira permasalahan modal saat ini bukanlah permasalahan utama, karena pemerintah melalui lembaga perbankan telah menyediakan kemudahan mendapatkan kredit usaha. Ada uang disalurkan melalui subsidi bunga, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI maupun lembaga perbankan milik pemerintah daerah lainnya,” ungkap Bupati.

Sementara Ketua Badan Pemeriksa PNPM Madiri Perdesaan Bojongsari Lis Dwiyanti menuturkan, Pembangunan gedung UPK yang baru, sesuai dengan program PNPM yang telah digulirkan sejak tahun 2007 lalu.

Gedung tersebut tidak sertamerta dibangun, namun menunggu hasil surplus pembangunan ekonomi dibidang simpan pinjam yang dikelola UPK Bojongsari dari tahun 2007 – awal tahun 2010.

Dikatakan Lis Dwiyanti, selama ini pengelolaan PNPM di kecamatan dapat mencover 13 desa, baik untuk pembangunan fisik maupun non fisik. Untuk fisik digunakan untuk memenuhi berbagai sarana dan prasarana seperti pembangunan Talud, Irigasi dan pembangunan gedung TK, sedangkan non fisik digunakan untuk peningkatan ekonomi yakni simpan pinjam perempuan.

“Tahun ini, kecamatan Bojongsari kembali mendapat kucuran dana 2 milyar, yang akan digunakan untuk pembangunan fisik sebesar 75 % dan pembangunan ekonomi 25 %,” jelas Lis. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s