Purbalingga Kembali Raih Adipura

Berita Purbalingga, 05 Juni 2010
PURBALINGGA (RSP) – Kabupaten Purbalingga kembali meraih penghargaan anugerah Adipura. Penghargaan dijadwalkan akan diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana negara, Selasa (8/6).

Penghargaan Adipura ini berarti merupakan kali kedua semasa kepemimpinan Bupati Triyono Budi Sasongko, M.Si. Penghargaan Adipura terakhir diraih tahun 2009 lalu.

Kasubag Pemberitaan dan Media Massa Bagian Humas Setda Ir Prayitno, M.Si menyatakan, pemberitahuan penerimaan penghargaan Adipura memang belum melalui surat. Namun, pihak kementerian Negara Lingkungan Hidup di Jakarta telah menyampaikannya secara lisan dan melalui pesan singkat SMS kepada Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Purbalingga. “Purbalingga mendapat penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil,” kata Prayitno, Jum’at (4/6).

Selain Purbalingga, untuk kabupaten/kota di Jateng yang berhasil meraih Adipura yakni Kudus, Kota Pekalongan, Rembang, Cilacap, Blora, Kota Magelang, Sragen, Wonosobo, Karanganyar, Purwodadi, Boyolali, Banjarnegara, Pati dan Jepara.

“Secara lisan, Pemkab sudah diminta  mengambil undangan untuk acara penyerahan Adipura di Istana,” kata Prayitno.

Ditambahkan Prayitno, Anugerah Adipura merupakan implementasi Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang secara konsisten terus dilakukan dengan berbagai upaya ke seluruh pihak untuk meningkatkan kepedulian berbagai lapisan masyarakat. Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah memberikan penilaian kebersihan dan keteduhan kota melalui Program Adipura di sejumlah kota sejak bulan Oktober tahun 2009 lalu, termasuk di Purbalingga.

“Program Adipura memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan yang lebih bersih, teduh dan nyaman,” tambah Prayitno.

Sementara itu Bupati Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si menyatakan, penghargaan Adipura merupakan hasil jerih payah seluruh lapisan masyarakat Purbalingga.

“Penghargaan ini harus dipertanggungjawabkan di kemudian hari dengan terus meningkatkan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kota,” kata Bupati Triyono. (y/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s