Bazda Luncurkan Program “Kampung Ternak”

Berita Purbalingga, 03 Juni 2010

PURBALINGGA (RSP) – Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) kabupaten Purbalingga terus berinovasi dalam menyalurkan zakat yang dihimpun. Setelah berhasil mengelola sejumlah program pemberdayaan masyarakat miskin, seperti rehab rumah tidak layak huni (Remahtilani), Zakat Produktif dan layanan mobil duafa, kini Bazda akan merealisasikan program “Kampung Ternak”.

Ketua Bazda Purbalingga Drs H Soetarto Rachmat menuturkan, program tersebut merupakan  salah satu realisasi hasil kunjungan studi banding Bazda ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Nanti kitaa plenokan. Tetapi kami pastikan program itu akan segera digulirkan dalam waktu dekat,” katanya.

Sebagai tahap awal pihaknya telah mengalokasikan penyaluran zakat untuk asnaf miskin sebesar Rp. 11 juta. Dana tersebut akan akan dibelanjakan untuk pengadaan 13 ekor ternak kambing. Nantinya kambing tersebut akan diberikan kepada lima orang peternak di desa Lamongan kecamatan Kaligondang.

Sementara, Ketua Bidang Pengumpulan Drs H Soekarno Prasodjo saat dialog interaktif Bazda di Radio Suara Perwira Selasa malam mengatakan, program kampung ternak merupakan upaya perluasan pendistribusian zakat untuk fakir miskin melalui sistim pengembangan ternak kambing.

“Kami memilih desa Lamongan menjadi lokasi “Kampung Ternak” karena potensi SDM dan pakan ternaknya memungkinkan,” terang pengisi acara Dialog Bazda RSP.

Untuk mewujudkan program itu, Bazda telah bekerjasama dengan kelompok ternak NUR yang diketuai H Nurochman. 13 kambing yang akan diterimakan terdiri 6 ekor untuk pembibitan dan 7 ekor untuk penggemukan.

Menurut Soekarno Prasodjo, melalui program ini diharapkan Bazda mampu mengentaskan lebih banyak kalangan fakir miskin. Sehingga suatu saat nanti, para penerima zakat Bazda bisa menjadi muzaki atau orang yang memberi zakat. (Hr-RSP)

2 thoughts on “Bazda Luncurkan Program “Kampung Ternak”

  1. ok boss, thank dengan berita-berita purbalingganya, aku bacain lho di radio suara pwt fm. kirim lagi ya boss berita kegiatan purbalingga. eh kabari aku and daftarin aku donk Sucipto Reporter dari radio Suara Purwokerto FM, boleh ga aku meliput pelantikan bupati heru ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s