Pemkab Madiun Pelajari Manajemen Owabong dan Puspahastama

Berita Purbalingga, 19 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP)  –  Rombongan Pemkab Madiun (Jatim), Rabu (19/5) melakukan kunjungan ke Kabupaten Purbalingga. Rombongan yang berjumlah 13 orang bermaksud untuk mempelajari pengembangan pariwisata di Purbalingga khususnya Owabong (Obyek Wisata Air Bojongsari). Selain itu, rombongan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun DJoko Setijono, juga mempelajari Perusda Puspahastama (Pusat Pengolahan Hasil Pertanian Utama).

Joko mengemukakan, dipilihnya Kabupaten Purbalingga sebagai tujuan studi banding karena wilayah Madiun hampir memiliki kesamaan dalam hal potensi wisata dan pertanian. Dalam hal pariwisata, lanjut Joko, Madiun memiliki potensi air panas yang mengandung belerang. Namun, potensi ini belum dimanfaatkan secara baik. “Kami tertarik datang ke Purbalingga, karena Pemkab Purbalingga berhasil mengelola potensi sumberdaya air dan menjadikan tempat wisata yang sangat menarik,” kata Joko.

Selain itu, Joko menyatakan, potensi lainnya yang sama dengan Purbalingga adalah pertanian. Kabupaten Madiun telah surplus beras sekitar 153.778,42 ton/tahun tahun dengan luas areal tanam 62.955 Ha, sementara di Purbalingga dengan surplus beras sekitar 46 ton mampu dikelola dengan baik melalui pendirian Perusda Puspahastama.

”Kami mengakui, meski Madiun surplus beras, namun belum dilola dengan baik sehingga tingkat kesejahteraan petani masih jauh dibawah standar,”  kata Joko.

Rombongan setelah diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kodadiyanto, SH, MM melakukan kunjungan lapangan ke Owabong, dan ke Sanggarluri Park. Sebelumnya, rombongan juga menerima paparan dari Direktur Puspahastama Wachdijono Sarno dan Manajer Pemasaran Owabong, Agus Dwiyantoro. (y/Humas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s