13 Film Lolos Seleksi Festival Film Purbalingga

Berita Purbalingga, 19 Mei 2010

Festival Film Purbalingga 26-29 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) – Sebanyak 13 film pendek besutan anak-anak muda Banyumas lolos seleksi Kompetisi Film Pendek dan Dokumenter. Kompetisi yang dikhususkan bagi karya film pelajar SMA se-Banyumas Raya merupakan rangkaian kegiatan Festival Film Purbalingga 2010. Kegiatan ini akan berlangsung 26-29 Mei 2010 di Hotel Kencana Purbalingga.

Manager Festival Nanki Nirmanto menuturkan, ajang kompetisi ini dimaksudkan sebagai ruang apresiasi bagi karya-karya yang lahir dari kaum muda Banyumas Raya, khususnya dalam konteks film. Diharapkan, dengan hadirnya kompetisi ini, akan memicu kreativitas ruang-ruang berkarya lainnya di Banyumas Raya.

” Kami menerima 31 judul film pendek, terdiri dari 19 fiksi dan 12 dokumenter. Tetapi setelah melalui “official Selection”, tinggal 13 film,” ungkap Nanki.

13 judul film itu terbagi menjadi dua kategori yakni 8 judul film kategori fiksi dan lima judul kategori dokumenter.

Untuk kategori fiksi yakni “Lupa” yang disutradarai Annisa Nur Dzakiyah dari SMK N 1 Purwokerto produksi Multimedia Community. Lainnya “Sepatu Lawan Jago” Irna Noverita (SMA N 1 Cilacap),”Montor apa Bebek” Syifa Adiba (SMA N 1 Cilacap), “Menuju Titik Terang” Elma Sulitia (SMA N 1 Purbalingga), “Bunyi” Puput Piranti (SMK Bakti Purwokerto).
Tiga judul lainnya adalah “Aku Bukan Malin Kundang” ditangani sutradara Dewi Prahesti SMK N 1 Purbalingga, “Ling Lung” Amrizal Faturrohman (SMA N 1 Bobotsari) dan “Endog” karya Padmashita Kalpika (SMA N 2 Purbalingga).

Sedangkan untuk kompetisi dokumenter terdiri “Disini Panglima Besar Dilahirkan karya Padmashita Kalpika (SMA N 2 Purbalingga), “Lengger Gumelem” Sugino (SMK Taman Siswa  Banjarnegara), “Belajar Sejarah Dunia Lewat Logam dan Kertas” Annisah Nur Adinah (SMA N 1 Bobotsari), “Gobrak Lesung Desa Karangduren” Satria Bagas N (SMK Bakti Purwokerto) dan “Sabrina Pembatik Cilik” karya Dani Dwi Jaka Sudrajat (SMA N 1 Sigaluh,Banjarnegara).

“Seluruh karya film ini akan diputar dalam program Festival Film Purbalingga 2010 sembari dilakukan penjurian. Penghargaan diumumkan pada malam penutupan festival pada 29 Mei 2010,” jelasnya.

Terpisah, Direktur FFP Bowo Leksono mengatakan, penyelenggaraan Festival Film Purbalingga (FFP) keempat ini, menghadirkan tema “Melihat Kita”. Thema itu digulirkan sebagai sebuah ajakan untuk melihat dan menilai kembali kejadian-kejadian di sekitar kita dalam aspek sosial dan budaya.

“Selain kompetisi film pendek fiksi dan dokumenter, kami juga memprogramkan Kompetisi Video Mantenan. Kompetisi ini menjadi yang baru kita laksanakan dalam FFP,” katanya.

Festival Film Purbalingga 2010, akan berlangsung 26-29 Mei dipusatkan di Hotel Kencana Purbalingga. Panitia penyelenggara telah mengagendakan program khusus untuk mendukung FFP. Diantaranya sarasehan komunitas film, pemutaran film “Layar Tanjleb”, Pameran foto kawinan dan Workshop Penulisan skenario film pendek. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s