18 PGOT Didata Tim Task Force SP 2010

Berita Purbalingga, 17 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) – Satuan Tugas Khusus (Task Force) Sensus Penduduk (SP) 2010 kabupaten Purbalingga yang terdiri dari petugas Badan Pusat Statistik (BPS), Kepolisian dan Satpol PP berhasil mendata 18 PGOT. Pendataan dilaksanakan pada “Hari Sensus” Sabtu dini hari (15/5) hingga pukul 02.00 WIB.

Dalam melaksanakan pendataan itu, petugas dibagi menjadi tiga tim masing-masing beranggota 6 orang.  Mereka menyisir tempat-tempat yang diperkirakan menjadi tempat PGOT seperti pasar, terminal dan tempat umum lainnya.

Koordinator Kabupaten (Korkab) SP 2010 Drs. Susetyo mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pendataan kepada orang yang tidak memiliki tempat tinggal tetap seperti PGOT. Dari tiga wilayah yang disisir, di pasar Bobotsari hanya diperoleh satu orang, di Bukateja 3 orang dan di pemakaman Padamara dan babakan 3 orang. Sedangkan diwilayah Purbalingga kota petugas mendata 11 orang.

“Hasilnya kami rasa sudah maksimal, karena sesuai juknis merekalah yang kami temui saat pendataan. Mereka kebanyakan adalah orang gila,” kata Susetyo di kantornya (17/5).

Selain mendata PGOT, Satuan Tugas Khusus SP 2010 juga melaksanakan pendataan di komplek militer seperti Batalyon 406/Chandra Kusuma, Lanud Wirasaba dan Rutan Purbalingga.
Dikatakan Susetyo, selama pelaksanaan SP 2010 pihaknya secara berkala melakukan evaluasi pada 4, 8, 12 dan 31 Mei.

“Hal ini kami lakukan agar pelaksanaan SP 2010 dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat lebih maksimal,” tambahnya.

Sesuai jadwal, pelaksanaan Sensus Penduduk 2010 dilaksanakan satu bulan tanggal 1-31 Mei 2010. BPS Purbalingga menerjunkan 1.636 Petugas Pencacah Lapangan (PCL). Mereka disebar ke 18 kecamatan yang ada.

Agenda berikutnya seusai pencacahan di lapangan, pada tanggal 1-2 Juni dilakukan pemeriksaan proses memasukan data ke Kabupaten dan apabila telah sesuai dengan formulir pendataan, seluruh data kemudian di skaner di tingkat kabupaten pada 3 Juni 2010. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s