Purbalingga Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

Berita Purbalingga, 14 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) – Kabupaten Purbalingga saat ini masih kekurangan tenaga Penyuluh pertanian. Pasalnya tenaga penyuluh pertanian yang ada baru 283 orang tersebar di beberapa kecamatn dan desa. Dari  jumlah tersebut 148 orang merupakan Tenaga Harian Lepas (THL), yang terikat kontrak selama 3 tahun.

Jumlah tersebut dirasa masih kurang apalagi pada tahun ini banyak penyuluh yang memasuki masa pensiun.

“Idealnya penyuluh di Purbalingga berjumlah 321 orang. Dengan penyebaran di tingkat kabupaten 10 orang, kecamatan 72 dan 239 orang lainnya di desa,” ungkap Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Purbalingga Drajat Dwi Handoyo (14/5).

Menurutnya, untuk mengatasi kekurangan itu dirinya telah mengusulkan kepada Bupati adanya penambahan tenaga penyuluh baru. Pada 2009 lalu ada 18 CPNS yang dapat direkrut.

Hal ini menurut Drajat, untuk memenuhi amanat Undang Undang nomer 16 tentang penyuluhan dimana dalam satu desa harus ada satu penyuluh pertanian.

“Apabila perekrutan melalui jalur CPNS sangat lambat,  maka secara perlahan kami akan mendorong petani-petani yang memiliki keahlian, untuk menjadi penyuluh swadaya.  Mereka diberi sertifikat sebagai penyuluh swadaya sehingga dapat menyampaikan program dan tehnologi pertanian seperti yang dikehendaki oleh pemerintah,”  jelas Drajat.

Terpisah, Assisten Pembangunan Setda Purbalingga Kodadiyanto meminta tiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang kekurangan tenaga pegawai, agar menyusun formasi kebutuhan tenaga dan diusulkan ke Bupati. Nantinya Bupati akan menindaklanjuti usulan tersebut ke Menpan, sehingga jika ada rekrutmen pegawai dapat terakomodir.

“Silahkan tiap SKPD mengusulkan kekurangan pegawai melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD), terutama bagi SKPD yang masih kekurangan pegawai. Mudah-mudahan pada formasi penerimaan CPNS tahun berikutnya dapat terakomodir,” imbuhnya.

Tentang kurangnya tenaga penyuluh pertanian di kabupaten Purbalingga, dirinya minta SKPD dalam lingkup pertanian juga mengusulkan ke BKD, agar dalam rekrutmen pegawai dapat ditambah untuk formasi pertanian. (Dian/Hr-RSP)

2 thoughts on “Purbalingga Kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian

    • semoga meskipun beliau telah tiada….semangat juangnya masih membara untuk para petani purbalingga…

      good bye beloved father…

      by: MOHAMAD RIZKY HIDAYAT-FAKULTAS KEHUTANAN UGM (anak ke 3 Ir. Drajat Dwi Handoyo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s