Karawitan SDN 2 Kedungmenjangan Juara Pekan Seni SD Tingkat Kabupaten

Berita Purbalingga, 12 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) – Kelompok Karawitan SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga ditetapkan menjadi juara pertama Lomba Karawitan Pekan Seni SD tingkat Kabupaten Purbalingga. Sebagai juara pertama mereka akan menjadi wakil Purbalingga dalam lomba yang sama di tingkat eks. Karesidenan Banyumas pada Juli mendatang.

Panitia Pelaksana Lomba Tasrun menuturkan,  lomba karawitan kali ini diikuti 11 kontingen perwakilan kecamatan.

“Seharusnya lomba diikuti 18 kecamatan, namun ada satu kontingen yakni kecamatan Kalimanah mengundurkan diri dan 6 kecamatan lainnya tidak ikut,” katanya disela-sela lomba yang dilaksanakan di Pendopo Cahyana, Rabu (11/5).

Selain Kalimanah, enam kecamatan yang tidak mengirimkan kontingen yakni kecamatan  Bojongsari, Bobotsari, Karangjambu, Karanganyar, Kertanegara dan Pengadegan. Menurutnya, ketidakikutan mereka bukan berarti tidak ikut mendukung pelestarian budaya. Tetapi karena tidak adanya pendanaan untuk latihan, tidak ada pelatih dan kurang adanya bakat dari para siswa.

“Kami berharap tahun depan seluruh kecamatan dapat berpartisipasi. Karena melalui kegiatan budaya, selain sebagai upaya melestarikan warisan nenek moyang, juga sebagai sarana menanamkan budi pekerti bagi anak didik,”  harapnya.

Sementara menurut Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Iskhak, S.Pd, M.Pd, penyelenggaraan Pekan Seni ini untuk mencari bibit unggul yang bisa mengharumkan nama Purbalingga di tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam berkesenian Jawa.

”Kalau untuk lomba perseorangan atau duet seperti macapat dan tari, juara 1-nya langsung mewakili Purbalingga ke Provinsi. Tapi kalau lomba beregu seperti karawitan dan paduan suara, sebelum ke Provinsi, diuji di karesidenan dulu,” jelasnya

Iskhak mengatakan, Pekan Seni ini diselenggarakan dengan tiga tingkatan, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.

Untukk SD/MI digelar 11-12 Mei 2010, sedang SMP/MTs dan SMA/MA dilaksanakan 14-15 Mei 2010. Untuk cabang seni yang dilombakan, untuk SD/MI antara lain, Macapat (putra-putri), Tari (putra-putri), karawitan (group), seni lukis (putra-putri) dan paduan suara (group).

Pada tingkat SMP/MTs, cabang seni yang dilombakan anrata lain tari (putra-putri), macapat (putra-putri), menyanyi tunggal (putra-putri), dan lukis (putra-putri).

Sementara untuk SMA/MA selain seni tari (putra-putri), juga ada lomba desain kaos (putra-putri) dan vocal group. 

Hasil kejuaraan lomba karawitan selengkapnya, juara I SD Negeri 2 Kadungmenjangan mewakili Kecamatan Purbalingga, juara II SD Negeri Wanogara Wetan ( Rembang ) dan juara III SD Negeri Padamara (Padamara). Sedangkan juara harapan 1 – 3 berturut-turut kecamatan Kutasari, Kaligondang dan Bukateja. (Hr-RSP)

2 thoughts on “Karawitan SDN 2 Kedungmenjangan Juara Pekan Seni SD Tingkat Kabupaten

  1. Selamat da sukses buat SDN 2 Kedungmenjangan. Salam dari kami Dewan Guru SDN 1 TETEL UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Semoga prestasi yang diperoleh tersebut dapat dipertahankan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s