SRI Mampu Naikan Produksi Hingga 9 Ton/Ha

Berita Purbalingga, 08 Mei 2010

Foto : doc

PURBALINGGA (RSP) – Penanaman padi model System Rice Intensification (SRI) diharapkan mampu meningkatkan produksi padi dari 7 ton/ha menjadi 9 ton/ha. Disamping meningkatkan produksi padi, dengan SRI juga mampu menekan biaya.
Penghematan biaya ini terjadi, karena lebih sedikitnya pupuk yang digunakan, serta benih yang ditanam.

“SRI hanya membutuhkan benih padi 5 kh/ha, padahal umumnya petani Purbalingga dalam satu hektarnya membutuhkan 25-40 kg benih.Tentu ini menjadi penghematan biaya produksi,” kata Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) untuk Purbalingga Katiran saat menutup kegiatan SRI program pendampingan (8/5)

Selain menghemat biaya produksi, Katiran juga menjelaskan, pupuk yang digunakan dalam SRI bisa hemat hingga 50%. Biasanya petani menggunakan pupuk urea 300 kg/ha. Dalam SRI hanya dibutuhkan 150 kg/ha. Termasuk pupuk NPK biasanya petani menggunakan 200 kg/ha, dengan SRI hanya membutuhkan 100 kg/ha.

Dijelaskan Katiran, penghematan pupuk pabrikan tersebut dikarenakan dalam model SRI diwajibkan menggunakan pupuk organik.

“Penghematan lainnya pada penggunaan air, dimana SRI tidak membutuhkan air sampai menggenang, namun cukup tanah sawah tersebut basah,” katanya.

Kegiatan SRI program pendampingan ini diperuntukan bagi lahan sawah seluas 200 ha yang diperuntukan bagi 8 desa/kelurahan. Sebelumnya petani penerima program SRI ini dibekali dengan pelatihan teori dan praktek, termasuk praktek membuat pupuk organik.

Dari data di Dispertanhut Purbalingga, produksi padi selama bulan Januari hingga April 2010 untuk kabupaten Purbalingga, rata-rata 64,82 kuintal/ha gabah kering giling.(Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s