Bupati Letakan Batu Pertama Masjid Al Hasan Kalikabong

Berita Purbalingga, 07 Mei 2010

Bupati Meletakkan Batu Pertama Masjid Al Hasan - Foto : Hr-RSP

PURBALINGGA (RSP) – Bupati Triyono Budi Sasongko meresmikan pembangunan Masjid Al Hasan Kalikabong Kecamatan Kalimanah ditandai dengan peletakan batu pertama, Jumat (7/5). Pembangunan ini sebenarnya perluasan masjid yang dibangun tahun 1940-an oleh wakif Hasan Murjana. Seiring dengan semakin bertambahnya jamaah, masjid semakin mendesak untuk diperluas.

”Membangun masjid itu seperti membangun pelita (cahaya-red). Artinya, dengan membangun masjid berarti mendorong masyarakat untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaannya, yang menjadi pondasi atau kekuatan untuk pembangunan di aspek lainnya,”  kata Triyono.

Dalam sambutannya, Bupati mencontohkan keputusannya untuk membangun Masjid Agung Darussalam Purbalingga sebagai prioritas di awal masa jabatannya, sebelum membangun sarana-prasarana fisik lainnya. Padahal saat itu, sekitar tahun 2002-2003, kondisi keuangan Kabupaten Purbalingga masih memprihatinkan.

“Prinsip saya, yang terpenting dibangun pondasi keimanan dan ketakwaan dulu. Saya yakin, dengan cara ini Allah akan lebih mudah membimbing saya membangun Purbalingga,” kata Bupati yang selama satu dasa warsa berhasil memoles wajah Purbalingga sedemikian cantik dengan berbagai pembangunan di berbagai bidang.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al Hasan Kalikabong, H. Suratman Nurudin, untuk memperluas masjid ini diperlukan dana sekitar Rp. 415,9 juta. Sementara dana yang terkumpul saat ini baru sekitar Rp. 51,8 juta yang berasal dari kas masjid senilai Rp. 22,8 juta, bantuan gubernur senilai Rp. 5 juta, infak jamaah Rp. 3 juta dan infak anggota panitia senilai Rp. 21 juta.

Untuk mendukung kelancaran pembangunan masjid ini, Pemkab Purbalingga memberikan izin pemanfaatan tanah kosong pada bekas SD Negeri 2 Kalikabong sebagai areal perluasan masjid, dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati Nomor 590/587 tahun 2009 Sertifikat Hak Pakai No. 00035 seluas 792 m2. Tak hanya itu, dalam pelaksanaan peletakan batu pertama ini, Bupati juga menyumbangkan dana senilai Rp. 25 juta. (cie/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s