Hari Pertama UASBN Lancar, 16 Siswa Tak Hadir

Berita Purbalingga, 04 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) –  Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI/SDLB, hari ini Selasa (4/5) dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. Dari jumlah peserta UASBN sebanyak 15.744 siswa,  yang hadir 15.728 siswa, sehingga hanya ada 16 siswa yang tidak mengikuti ujian.

Ketua Penyelenggara UN/UASBN Dinas Pendidikan kabupaten Purbalingga, Drs Subeno SE MM mengatakan, Di kabupaten Purbalingga UASBN 2009/2010 diikuti 15.744 siswa. Jumlah itu tersebar di 609 sekolah penyelenggara. Masing-masing SD 467 sekolah, MI 141 sekolah dan SDLB satu sekolah pemyelenggara.

Selama tiga hari (4-6/5) mereka akan mengerjakan 3 mata pelajaran. Yakni hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari ketiga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masing-masing harus ditempuh dalam waktu 120 menit setiap hari. Para siswa juga dibatasi maksimal 20 orang setiap ruang ujian.

“Kami telah melakukan pemantauan dari proses pengiriman naskah ke masing-masing UPT, alhamdulillah lancar . Hingga pelaksanaan hari pertama UASBN untuk mata pelajaran bahasa Indonesia juga lancar tidak ada gangguan. Dari jumlah keseluruhan peserta 15.744 siswa ada 16 orang yang tidak hadir. Sebagian besar karena sakit,” jelas Subeno yang juga Kabid Pendidikan Menengah Disdik Purbalingga.

Berbeda dengan UN SLTP dan SLTA, untuk UASBN tidak menggunakan pengawas dari tim pemantau independen (TPI).  Masing- masing guru sekolah selain guru kelas 6 telah disilang untuk pengawasan ujian. Jadi tetap ada pengawasan yang memadai meskipun tanpa TPI itu.

Sementara terkait kelulusan siswa, akan didasarkan pada sidang internal setiap sekolah. Yaitu dengan didasarkan pada nilai rata-rata kelulusan dan nilai ujian terendah. Jadi tidak bisa ditargetkan secara keseluruhan. Sangat variatif dan yang menentukan kelulusan adalah sekolah penyelenggara.

“Tingkat kelulusan memang tinggi. Hanya saja potensi siswa tak lulus jika nilainya memang sangat jelek dan tak dapat ditolerir, tetap ada,” jelasnya. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s