Hari Pertama Sensus, Ke Bupati dan Wakil Bupati

Berita Purbalingga, 30 April 2010.

Sukseskan SP 2010 tanggal 1 - 31 Mei 2010

PURBALINGGA (RSP) – Sensus Penduduk tahun 2010 (SP 2010) secara serentak akan dimulai 1 – 31 Mei 2010. Di Kabupaten Purbalingga akan diawali dengan melakukan pencacahan kepada keluarga Bupati Drs Triyono Budi Sasongko Msi dan Wakil Bupati Drs Heru Sudjatmoko Msi. Pencacahan
perdana dilakukan di rumah jabatan masing-masing pada hari pertama 1 Mei besok.

Kepala Badan Pusat Statistik kabupaten Purbalingga Edy Apro Tuwiyono kepada RSP mengatakan pihaknya telah melakukan kordinasi dan mendapat kepastian pencacahan perdana akan dilaksanakan di rumah jabatan bupati dan wakil bupati. Pencacahan akan dilakukan oleh sedikitnya lima petugas terdiri dari kepala BPS, koordinator Tim dan petugas pencacah setempat.

“Pencacahan perdana kepada pejabat tertinggi di tingkat kabupaten ini, diharapkan menjadi motifasi bagi segenap warga untuk mau mensukseskan SP 2010,” kata kepala BPS diruang kerjanya Jum’at (30/4).

Tahapan pelaksanaan SP 2010 yang akan dilaksanakan 1 – 31 Mei, lanjut Edy, meliputi dua tahap. Yakni tahap pertama akan dilakukan listing mulai 1 – 8 Mei. Pada tahap ini petugas hanya mendaftar bangunan dan bangunan tempat tinggal beserta jumlah anggota keluarga.  Sedangkan pada tahap kedua tanggal 9 – 31 Mei, petugas kembali mendatangi rumah tangga untuk dilakukan pendataan secara lengkap.

Edy Tuwiyono berharap agar pelaksanaan SP 2010 dapat berjalan sukses karena pihaknya telah melakukan sosialisasi secara maksimal hingga ke desa.

“Karena sensus itu untuk kepentingan nasional, maka kita mohon agar masyarakat dapat memberikan respon yang positif. Tidak hanya memberikan data yang sebenarnya tetapi masyarakat kami minta aktif memberitahu petugas apabila hingga tanggal 8 Mei belum didaftar. Kami tekankan bahwa sensus penduduk sifatnya nasionnal dan gratis. Kami juga tidak menyiapkan hadiah apapun,” terang Edy.

Selain melakukan Sensus kepada warga yang bertempat tinggal tetap, pihaknya juga menetapkan “Hari Sensus” yakni pada tanggal 15 Mei 2010. Pada hari ini petugas sensus akan mendata masyarakat yang tidak memiliki tempat tinggal khusus seperti gelandangan dan orang gila.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai pukul 12 malam. Untuk melaksanakan SP 2010, BPS telah merekrut 1636 petugas pencacah. Disamping tenaga pencacah, BPS juga merekrut 41 orang sebagai tenaga Koordinator Lapangan (korlap).

Dalam pendataan penduduk, nantinya satu tim yang beranggotakan 3 pencacah dan 1 koordinator tim, akan melakukan pendataan di 6 blok. Tiap blok berisi lebih kurang 100 rumahtangga. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s