KPUD Purbalingga Rapat Pleno Penghitungan Suara

Berita Purbalingga, 23 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purbalingga menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu Bupati/wakil Bupati Purbalingga Tahun 2010. Rapat yang dihadiri seluruh anggota panwaskab, dan tim sukses masing-masing pasangan calon, berlangsung di aula KPUD, Jum’at pagi (23/4).
Anggota KPUD Purbalingga Sri Wahyuni menuturkan, dari hasil rekapitulasi penghitungan suara, pasangan nomor 1 R Bambang Budi Surjono – Drs. Mohammad Wijaya, MM.(BBS-Jaya), memperoleh 148.285 suara atau 36,3%. Pasangan nomor 2 Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si., – Drs. H. Sukento Ridho Marhendriyanto, MM.(Heru-Kento), memperoleh 235.158 suara atau 57,5%. Dan pasangan nomor 3 Ir. Singgih Hidayat – Setyaningrum (Sing-Setya) memperoleh 24.888 suara atau 6%.
Total suara sah sejumlah 88,7% atau sebanyak 408.331 suara. Suara tidak sah sejumlah 51.710 suara atau 11,2%.


“Penetapan hasil rekap penghitungan suara akan kita laksanakan pada 26 April mendatang, dan penetapan bupati terpilih dilakukan tiga hari setelahnya, untuk menunggu bila ada gugatan,” kata Sri Wahyuni
Berita acara rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kabupaten tersebut ditandatangani oleh masing-masing saksi pasangan  calon dan anggota KPUD. Saksi dari BBS – Jaya ditandatangani Edy Riyanto SH., saksi Heru Kento ditandatangani Soberi Arofah dan nomor 3 ditandatangani oleh Adin Khayatun.
Sementara ketua KPUD Purbalingga Hery Sulistyono mengatakan kecamatan Kutasari menjadi daerah dengan angka golput tertinggi. Ada 16.378 pemilih di Kecamatan Kutasari tidak menyampaikan suaranya dalam pencoblosan Pemilukada 18 April lalu.
“Dari jumlah pemilih yang tidak turut menyampaikan hak suaranya terdiri dari 1.086 pemilih tidak mencoblos karena tidak ada uang saku, tidak mencoblos karena sedang merantau 7.575, sengaja tidak hadir ke TPS 7.012, sedang sakit ketika hari H 316, dan meninggal dunia 63,” terang Hery.
Perolehan suara sah di kecamatan Kutasari sejumlah 23.145 suara dan tidak sah sebanyak 3.718 suara. Sehingga pemilih yang hadir keseluruhan di Kutasari hanya 26.863 pemilih.
Dijelaskan Hery Sulistyono, pelaksanaan pemilukada Bupati/wakil bupati Purbalingga 2010 ini, tingkat kehadiran pemilih turun sampai 4% dibanding pada pemilihan legislatif .  (Umg/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s