Selama Pemilukada Bupati yakin PNS Tetap Netral

Berita Purbalingga, 19 April 2010

Bupati Triyono berikan statemen pasca Pemilukada - (Foto : Humas)

PURBALINGGA (RSP) – Bupati Purbalingga Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si menyatakan, jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang telah digelar Minggu 18 April 2010 lalu, tetap pada posisi yang netral. PNS telah menempatkan posisinya sebagai abdi masyarakat dan abdi negara, buka terkooptasi untuk kepentingan politik tertentu.

“Saya tetap mengawal dan mencermati hasil perhitungan Pemilukada. Dan saya juga tegaskan bahwa PNS di jajaran Pemkab tetap bersikap netral, meski wakil bupati yang aktif ikut berlaga dalam pemilukada,” kata Bupati Triyono BS, di ruang kerjanya, Senin (19/4).

Bupati tidak menampik adanya percikan-percikan kecil sebagai bagian dari pelaksanaan pemilukada. Menurutnya, itu sebuah dinamika dalam pelaksanaan demokrasi. “Hasil perhitungan suara sudah ada, meski belum ditetapkan secara resmi, namun saya berharap semua pihak bisa menerimanya,” kata Bupati Triyono.

Bupati juga berpesan, kepada kelompok yang menang untuk tidak sombong dan merayakannya secara berlebihan. Kepada pihak yang merasa kalah, juga harus bersikap legowo. “Semua hasil Pemilukada adalah untuk kepentingan masyarakat Purbalingga. Yang menang harus bisa merangkul yang kalah. Bagaimanapun, semua memiliki masyarakat pendukungnya. Jangan pasca pemilukada ini justru terpecah-pecah yang bisa merugikan kita sendiri,” pinta Bupati Triyono.

Jika ada hal-hal yang perlu diselesaikan, lanjut Bupati Triyono, sebaiknya diselesaikan sesuai mekanisme yang berlaku. “Jika ada persoalan dan ketidakpuasan, gunakan mekanisme yang berlaku. Jangan melakukan tindak anarkhis yang bisa merugikan seluruh warga masyarakat dan menciderai pelaksanaan demokrasi di Purbalingga,” kata Triyono.

Sementara itu, hasil tabulasi sementara yang dicatat oleh Bagian Humas Setda dari seluruh Panitia pemilihan Kecamatan di Purbalingga, pasangan nomor urut 1 Bambang Budi Surjono (BBS-Jaya) meraih 148.012 suara (36,29 persen), kemudian pasangan nomor 2 Heru Sudjatmoko – Sukento Riho Marhaendrianto (Heru-Kento) meraih 235.186 suara (57,66 persen), dan pasangan nomor urut 3 Singgih Hidayat – Setyaningrum (Sing Setya) meraih 24.684 suara (6,05 persen). Heru-Kento unggul di 17 wilayah kecamatan, dan kalah di Kecamatan Karangjambu.

Sementara itu, Ketua KPUD Purbalingga Heri Sulistiyono menyatakan, hasil perhitungan cepat sudah bisa dilihat di KPUD. Namun, hasil perhitungan tersebut bukan hasil yang resmi sebagai penentuan kemenangan pasangan calon. Perhitungan suara secara manual akan dilakukan segera setelah perhitungan di tingkat PPK selesai Senin ini (19/4). (Yit/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s