Perlu Dibuat Jalur Transportasi Baru Untuk Mendukung RSUD

Berita Purbalingga, 17 April 2010

RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga siap diresmikan Gubernur - (Foto : Hr-RSP)

PURBALINGGA (RSP) – Keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Purbalingga yang berada di jalan Pasukan Pelajar Imam kelurahan Wirasana, dinilai kurang strategis. Pasalnya lokasi tersebut sangat minim akses transportasi umum. Jalur itu hanya dilalui satu jurusan ankutan kota (Angkot) dan tidak dilaklui kendaraan umum lainnya.

Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Purbalingga HM Musny Tanwir mengungkapkan, karena lokasinya memang sulit dipindah, maka langkah yang perlu dilakukan oleh Pemkab adalah memikirkan agar transportasi angkutan umum sampai di depan rumah sakit diperbanyak. Sehingga perlu dirancang jalur angkot yang mendukung keberadaan rumah sakit.

“Hal ini perlu dilakukan Pemkab mengingat rumah sakit Purbalingga ini sudah semakin lengkap. Baik tenaga medis, dokter spesialis maupun fasilitasnya. Disamping itu penambahan akses angkutan umum akan memudahkan pasien sampai ke rumah sakit,” kata Musny Tanwir.

Diungkapkan Musny Tanwir, kondisi saat ini pasien dari arang utara atau Bobotsari harus turun di perempatan Sirongge dan untuk menuju rumah sakit masih harus berjalan kaki hingga 400 meter. Sedangkan dari arah Purbalingga bagian timur bahkan tidak ada angkutan umum yang menuju RSUD.

Kasubag Pemberitaan dan Media Massa pada Bagian Humas Setda Ir Prayitno Msi mengatakan rumah sakit Purbalingga saat ini sedang dirintis untuk menjadi rumah sakit tipe B. Oleh karena itu, berbagai fasilitas dan dokter spesialis juga dilengkapi. Saat ini rumah sakit yang dipimpin dr Nonot Mulyanto sudah memiliki peralatan CT Scan dan peralatan cuci darah.

“Rencananya RSUD yang baru direnovasi akan diberi nama RS dr Goeteng. Nama dr Goeteng diambil dari nama orang asli Purbalingga yang mendapatkan gelar dokter pada jaman Belanda. RS dr Goeteng akan diresmikan Gubernur Jawa Tengah awal Mei mendatang,” kata Prayitno. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s