Tingkatkan Manajemen Koperasi, PKPRI Study Banding ke Bali dan Lombok

Berita Purbalingga, 16 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) kabupaten Purbalingga rencananya akan mengadakan study banding ke Bali dan Lombok pada 5 – 11 Juli 2010 mendatang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM Pengurus koperasi dalam upaya meningkatkan inovasi managemen koperasi. Study banding juga sebagai sarana perbandingan antara kegiatan PKPRI dengan koperasi yang lebih maju. Kegiatan itu akan diikuti oleh 144 orang terdiri dari pengurus PKPRI dan 56 KPRI yang tersebar di kabupaten Purbalingga.

“Sesuai rencana study banding pengurus ke Bali dan Lombok. Dipilihnya dua tempat tersebut karena koperasi disana (Bali dan Lombok, red) saat ini telah berkembang lebih maju. Kita harapkan Selepas mengikuti kegiatan itu pengurus dapat lebih inovatif dalam meningkatkan kinerja koperasi di Purbalingga,” kata Ketua PKPRI kabupaten Purbalingga H. Sudiman SPd, Jum’at (16/4).  

Ditambahkan Sudiman, PKPRI saat ini memiliki anggota 9.727 orang tersebar di 56 KPRI se kabupaten Purbalingga. Upaya pengembangan keanggotaan koperasi pegawai ini terus dilakukan dengan melakukan inovasi program. Potensi pasar cukup tinggi, karena PNS yang menjadi anggota PKPRI baru 75 % dari jumlah seluruh PNS yang ada di lingkungan Pemkab Purbalingga. Pihaknya berharap agar seluruh PNS di kabupaten Purbalingga mau bergabung menjadi Anggota Koperasi.

“Kemarin (15/04), kami baru mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2009, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan April tiap Tahunnya. melalui RAT kita melakukan evaluasi program, laporan pertanggungjawaban kegiatan tahun 2009 sekaligus  silahturahmi antar seluruh anggota koperasi,” kata Sudiman.

Dijelaskan Sudiman, dari hasil RAT dapat disimpulkan, secara umum kinerja PKPRI meningkat. Tahun 2008 PKPRI memiliki Omset Rp. 6.544.868.991, sedangkan tahun 2009 mengalami peningkatan omset menjadi Rp. 7.801.449.620 atau naik 19,19 %. Peningkatan pendapatan PKPRI diharapkan terus meningkat, seiring peningkatan kinerja para anggota dalam memanfaatkan program kerja koperasi. (Dian/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s