Hari Tenang Pemilukada, KPUD Keliling Pasar Ajak Warga ke TPS

Berita Purbalingga, 16 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – KPUD Purbalingga berupaya memaksimalkan prosentase kedatangan pemilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya dengan cara mobil keliling dan mendatangi sejumlah pasar. KPUD Purbalingga melakukan sosialisasi yang berisi ajakan untuk datang ke TPS serta tata cara mencoblos yang sah.

Ketua KPUD Purbalingga Hery Sulistyono mengatakan, hari ini (16/4) sosialisasi dengan mobil keliling ini dilakukan di tiga pasar, yakni Pasar Segamas, Pasar Padamara dan pasar Kutasari.  Di lokasi tersebut, mobil sosialisasi juga mengadakan kuis seputar pemilukada dengan hadiah doorprise menarik. Disampaing kuis, dalam kegiatan sosialisasi keliling juga membagikan specimen (contoh) surat suara.

“Materi pokok yang disampaikan berupa ajakan untuk mendatangi TPS, cara memberikan suara dengan mencoblos dan coblosan yang sah dan tidak sah. Sosialisasi keliling akan dilakukan besok (17/4) di pasar Bobotsari, pasar Karanganyar dan pasar Rembang.,” terang Hery.

Meski KPUD telah memaksimalkan sosialisasi, namun Hery memperkirakan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilukada 18 April di sejumlah kecamatan bakalan rendah. Ada tiga kecamatan yang kemungkinan tingkat partisipasinya rendah yakni Mrebet, Karangmoncol dan Rembang.

“Penyebabnya, hampir sebagaian besar masyarakat di kecamatan itu mata pencahariaanya sebagai pedagang dan merantau keluar daerah. Terus terang kami tidak mampu berbuat apa-apa, mengingat ketidakhadiran mereka diluar tehnis kemampuan KPUD,” kata Hery

Sementara di aula KPUD Purbalingga, pagi tadi juga diadakan pembinaan teknis (Bintek) Penghitungan Suara di PPK. Dalam bintek tersebut, disampaikan aplikasi penghitungan suara, rumus-rumus rekap di kecamatan dan memantapkan hal yang krusial, seperti suara sah / tidak sah, dan tata cara penghitungan model caraka. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s