Purbalingga Berpotensi Menjadi Kabupaten Penggerak Koperasi.

Berita Purbalingga, 15 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – Tahun 2010 sedikitnya 11 kabupaten/kota di Jawa Tengah akan diusulkan menjadi kabupaten Penggerak Koperasi. Dan kabupaten Purbalingga salah satu kabupaten yang berpotensi mendapat predikat tersebut. Untuk menjadi kabupaten penggerak koperasi, suatu daerah harus memenuhi tiga aspek yakni aspek pengembangan kinerja koperasi, aspek perhatian pemerintah daerah dalam pembinaan koperasi dan memiliki koperasi aktif minimal 75 % dari jumlah koperasi yang ada.

“Tahun 2009 yang lalu ada 7 kabupaten/kota  yang berpredikat menjadi penggerak kopersi. sedang tahun 2010 ini rencananya ada 11 kabupaten/kota yang akan dinilai menjadi kabupaten/kota penggerak koperasi,” kata Sri Mulyati SH SIp, Kasi Pengendalian dan Pengawasan pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) kabupaten Purbalingga, Kamis (15/4).

Dikatakan Sri Mulyati, selama ini kabupaten Purbalingga telah mampu meningkatkan pengembangan koperasi hingga dapat menyentuh sektor riil dan UKM. Sebagaimana data yang ada di kantornya, saat ini jumlah koperasi di Purbalingga mencapai 224 koperasi yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan.

“Peningkatan kesadaran masyarakat dalam berkoperasi cukup signifikan, hal ini dapat dilihat dari jumlah koperasi yang ada dan penyebarannya. Bahkan dari jumlah itu (224 koperasi-red), yang tercatat aktif mencapai 80 %. Hal ini menjadi salah satu modal yang dimiliki Purbalingga,” kata Sri Mulyati.

Sebagai langkah persiapan penilaian, Pemkab melalui Disperindagkop telah melakukan study banding ke kabupaten Cilacap, membentuk Tim Persiapan, mencari Referensi pendukung terkait pemberdayaan koperasi dan melakukan pembenahan profil koperasi dan dokumentasi foto foto kegiatan.

Menurut rencana penilaian kabupaten/kota pengerak koperasi oleh tim Provinsi akan dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2010, sedangkan kejuaraan akan diumumkan bertepatan dengan hari koperasi 12 Juli 2010. (Dian/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s