Pemkab Purbalingga Terbaik di Jawa Tengah

Berita Purbalingga, 15  April 2010

Purbalingga (RSP) – Pemerintah Kabupaten Purbalingga ditetapkan sebagai peringkat I di Jateng dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Purbalingga mendapatkan skor 3,012 atau kategori prestasi Sangat Tinggi (ST) atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang telah dilakukan evaluasi pada bulan Mei tahun 2009 lalu.
Penetapan kategori prestasi Sangat Tinggi tersebut tertuang dalam Hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2008 dengan nomor surat 052.2/161/W.2/2010 dan LHE-187/PW11/3/2010 tertanggal 28 Januari 2010. Hasil evaluasi tersebut dikeluarkan oleh Pemprov Jateng  dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng, dan ditanda tangani oleh Sekda Provinsi Jateng selaku Ketua Tim Daerah Drs Hadi Prabowo, MM, Sekretaris Timda Inspektur Prov Jateng Eddy Djoko Pramono, SH, MH, MT, dan Kepala Perwakilan BPKP Jateng Drs Mochtar Husein.

Bupati Purbalingga Drs H Triyono Budi Sasongko, M.Si mengatakan, pihaknya mendapat pemberitahuan hasil prestasi tersebut pada tanggal 14 April 2010. Pelaksanaan evaluasi dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari Departemen Keuangan, Departemen Dalam Negeri, Bappenas, Setneg, Sekretaris Kabinet dan BPKP pada tanggal 20 Mei 2009 silam.

”Prestasi ini setidaknya menggambarkan bahwa kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah di Purbalingga secara manajerial dan tingkat capaian kinerja baik pada tataran pengambil kebijakan maupun tataran pelaksana kebijakan, sudah sesuai dengan Peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), dan PP nomor 6 tahun 2008 tentang evaluasi LPPD,” kata Bupati Triyono di ruang kerjanya, Kamis (15/4).

Dijelaskan Bupati Triyono, hasil evaluasi juga menyebutkan, pada tataran pengambil kebijakan yakni kinerja kepala daerah dan DPRD dan tataran pelaksana kebijakan daerah yaitu SKPD (Satuan Kerja Perangkat daerah) mendapat skor 2,960 (Tinggi). Pada tataran pengambil kebijakan dinilai 13 aspek yang terdiri 52 indikator kinerja kunci (IKK) mendapat skor 3,153 (Sangat Tinggi). Sedang pada tataran pelaksana kebijakan yang meliputi aspek administrasi umum dan urusan pemerintahan mendapat skor 2,877 (Tinggi).

”Pada tataran pelaksana kebijakan daerah, hal yang dievaluasi meliputi aspek administrasi umum terdiri 8 aspek dengan 24 IKK yang mencakup 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan mendapat skor 3,024 (Sangat Tinggi). Sedang aspek urusan pemerintah terdiri dari 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan mendapat skor 2,780 (tinggi),” jelas Bupati Triyono.

Aspek tataran pengambil kebijakan yang mendapat prestasi Sangat Tinggi (ST), rinci Triyono, terdiri dari ketenteraman dan ketertiban umum, keselarasan dan efektivitas hubungan antara Pemda dengan pemerintah (pusat), serta antar Pemda dalam pengembangan Otda, keselarasan kebijakan Pemda dan Pemerintah pusat, efektifitas proses pengambilan keputusan  oleh DPRD, ketaatan penyelenggaraan pemerintah sesuai UU, transparansi pemanfaatan alokasi pencairan dan penyerapan DAU, DAK, dan bagi hasil serta pengelolaan potensi daerah.

Pada tataran pelaksana kebijakan yang mendapat skor Sangat Tinggi (ST), meliputi kebijakan teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan, ketaatan peraturan/UU, perencanaan pembangunan dan pengelolaan barang milik daerah. Aspek lainnya yang masuk kategori ST yakni pekerjaan umum, perencanaan umum, perumahan, kependudukan dan catatan sipil, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, komunikasi dan informatika, kesbang dan politik, otonomi daerah, statistik, dan kearsipan.

”Selain penilaian tersebut, kami juga direkomendasikan untuk meningkatkan beberapa hal yang dinilai masuk dalam skor Sedang (S), seperti E-procurement dan jumlah persetujuan investasi,” kata Bupati Triyono. (humas/y)

One thought on “Pemkab Purbalingga Terbaik di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s