Bupati Pantau Persiapan Pemilukada

Berita Purbalingga, 15 April 2010

Bupati bersama jajaran KPU (foto-Hms)

PURBALINGGA (RSP) – Bupati Triyono Budi Sasongko memantau persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Purbalingga 2010 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Purbalingga dan Kantor Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada) kabupaten
Purbalingga, Kamis (15/4).

Kunjungan bupati ke dua lembaga itu untuk memastikan pelaksanaan Pemilukada 18 April lusa dapat berjalan lancar, aman dan tertib. Menurut Bupati Triyono, pelaksanaan Pemilukada merupakan sebuah tanggungjawab paling berat di akhir masa jabatannya. Karenanya Bupati meminta kerjasama semua pihak, baik KPU, Panwas maupun semua elemen masyarakat untuk mendukung Pemilukada damai.

Kepada Bupati, Ketua KPUD Purbalingga Heri Sulistiyono, ST menyatakan tahapan pelaksanaan Pemilukada berjalan sesuai rencana. Bahkan, sampai hari ini semua logistik Pemilukada telah sampai di PPK 100%. Hari ini, semua logistik yang ada di PPK di masing-masing kecamatan harus sudah di disitribusikan ke KPPS di seluruh desa yang menjadi wilayahnya.

“Kami juga sudah melayangkan surat ke KPPS dan PPK agar dalam pencoblosan nanti, petugas membuka lebar atau membuka penuh lembar surat suara. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir suara tidak sah, akibat tertembus saat pencoblosan,” kata Hery.

Sementara itu, ketua Panwaslukada Basuki, SH, mengatakan selama masa kampanye hingga hari terakhir 14 April kemarin, tidak ada pelanggaran berarti yang perlu ditindaklanjuti. Memasuki masa tenang, sejak pukul 00.00 tadi malam (15/4), panwas mulai bergerak memastikan semua atribut pasangan calon diturunkan.

“Selama kampanye, pelanggaran terbanyak berupa pemasangan atribut yang menyalahi Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2010 tentang lokasi yang diperbolehkan dan dilarang untuk pemasangan atribut. Pelanggaran kedua berupa kegiatan kampanye yang tidak dilaporkan ke Panwas. Dalam masa tenang dan hari pencoblosan, kami jajaran Panwas di tingkat kabupaten maupun panwascam buka 24 jam,” kata Basuki.

Pada hari yang sama, Polres Purbalingga menggelar evaluasi pengamanan. Evaluasi pengamanan pemilukada Purbalingga, dihadiri KPUD, Panwas kabupaten, Tim Sukses pasangan calon, dan Kapolwil Banyumas Komisaris Besar Polisi M Gufron serta Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko.

Dalam sambutannya Kapolwil Kombes Polisi Gufron menuturkan, bupati yang terpilih merupakan bupati semua warga Purbalingga, dan bukan bupati kelompok tertentu. Dan kepada jajaran Polisi, Kapolwil Banyumas mengingatkan anggotanya untuk tetap netral, karena polisi tidak memilih dan dipilih, termasuk harus bebas dari atribut calon baik mapolres, polsek, serta kendaraan polisi.

Rencananya, pelaksanaan pencoblosan Pemilukada pada 18 April 2010 akan dimulai pukul 07.00-13.00 WIB. Perhitungan suara pukul 13.00-21.00 WIB, rekap di PPK pukul 19.00 – 22.00 dan pukul 23.00 hasil rekap PPK harus sudah disampaikan ke KPU. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s