Institute For Democracy, Berikan Pendidikan Politik Pemilukada

Berita Purbalingga, 10 April 2010

Tiga Narasumber berikan pendidikan politik pemilukada di hotel Utama - ( Foto Hr-RSP )

PURBALINGGA – Dengan PemilihanUmum Kepala Daerah (Pemilukada), kedaulatan dikembalikan lagi ke tangan rakyat. Karena dalam pemilukada tersebut, calon kepada daerah dipilih secara langsung oleh rakyat. Pemilu sebagai sarana yang paling damai dalam pergantian kekuasaan dan Pemilu juga sebagai sarana penguji legitimasi kekuasaan.

Dosen jurusan Ilmu Politik FISIP Unsoed Purwokerto Ahmad Sabiq, SIP., MA., dalam seminar Pendidikan Pemilih yang diselenggarakan di hotel Utama, Sabtu pagi (10/4) mengungkapkan, secara teoritis terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati yang berkualitas sangat tergantung pada proses pemilihan yang transparan, jujur dan adil. Kondisi tersebut sangat ditentukan oleh penyelenggara pemilu seperti KPUD, Panwas, pemda, partai politik, dan tim sukses.

“Pemilu yang berkualitas juga ditentukan oleh pemilih yang secara sadar menggunakan hak pilihnya,” lanjut Ahmad Sabiq.

Ketua Panitia Seminar Firman Adi Wicaksono mengungkapkan latar belakang diselenggarakan seminar adalah untuk memberikan pendidikan politik, terutama bagi pemilih pemula agar pelaksanaan pemilukada di Purbalingga berlangsung damai.

Seminar yang diselenggarakan Institute For Democracy kerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri, mengundang pembicara Ketua KPUD Purbalingga Hery Sulistiyono, ST, Sigit Pamungkas, MA., Dosen Fisip UGM dan Achmad Sabiq SIP., MA., Dosen Ilmu Politik FISIP Unsoed. (Umang-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s