18 Siswa SDN Grecol Keracunan

Berita Purbalingga, 08 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – Sedikitnya 18 siswa SD Negeri Grecol 1 Kecamatan Kalimanah Purbalingga mengalami keracunan. Seluruh siswa yang keracunan tersebut langsung dilarikan ke Puskesmas Kalimanah.
Keracunan dialami siswa-siswi SD Negeri Grecol 1 setelah Kamis pagi (8/4) mereka minum susu dalam kemasan platik tanpa label. Sehingga diduga sebab keracunan dari susu kemasan yang dibeli dengan berbagai rasa dan warna yang menarik siswa.

Kejadiannya berlangsung Saat istirahat pertama. 15 menit setelahnya sejumlah siswa langsung merasakan pusing, mual dan sakit perut. Karena jumlah siswa yang merasakan gejala tersebut semakin banyak, maka pihak sekolah langsung membawa belasan siswa ke Puskesmas Kalimanah.

“Tadi saya bersama teman-teman membeli susu rasa strabery. Harganya Rp. 1000 per bungkus. habis itu terus “puyeng” (sakit kepala- red) dan sakit perut,” ungkap salah satu korban Elsa Maharani.

Sementara Kepala UPTD Puskesmas Kalimanah Istomo Puji, SKM., mengungkapkan, selama menjadi kepala Puskesmas, diwilayahnya telah terjadi 2 kali peristiwa keracunan.
Dituturkan Istomo, pihaknya belum bisa memastikan penyebabnya karena sample harus dibawa ke lab terlebih dahulu untuk diperiksa.

Para pelajar SD sangat rawan keracunan jajanan, pasalnya disamping pengetahuan mereka masih kurang, juga minimnya pengawasan orang tua dan guru. Bahkan di sekolah setingkat SD masih banyak pedagang di luar sekolah yang bebas menjajakan makanan bagi siswa. (Umang/Hr-RSP)

3 thoughts on “18 Siswa SDN Grecol Keracunan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s