PNPM Bangun Lima Gedung TK di Kecamatan Karangjambu

Berita Purbalingga, 07 April 2010

Bupati Triyono Meresmikan Proyek PNPM di Kec Karangjambu - Foto : Humas

PURBALINGGA (RSP) – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ternyata telah mampu menggerakan masyarakat dalam membangun wilayahnya. Bahkan banyak dana PNPM yang dimanfaatkan untuk membangun gedung PAUD atau TK.  Seperti di Kecamatan Karangjambu, dana PNPM 2009 telah dimanfaatkan untuk membangun lima gedung Taman Kanak Kanak. Pembangunan sarana belajar bagi anak di lima desa itu, menyerap dana Rp. 475,3 juta dan swadaya masyarakat Rp. 12,5 juta.

“Tahun 2009, kecamatan Karangjambu menerima dana PNPM senilai Rp. 2 miliar. Selain untuk membangun lima gedung TK, kami merealisasikan kegiatan Simpan Pinjam untuk Perempuan (SPP) senilai 460 juta untuk 46 orang, pembangunan drainase, rabat beton, jalan, jembatan, jalan paving dan talud dengan total senilai Rp. 887,6 juta dengan swadaya Rp. 47,6 juta. Artinya, secara keseluruhan pembangunan fisik menelan biaya hingga Rp. 1,36 miliar dengan total swadaya Rp. 60,2 juta,” jelas Sekcam Karangjambu Asmuni.

Ternyata penggunaan dana PNPM untuk pembangunan gedung TK mendapat respon positif dari bupati Triyono Budi Sasongko. Saat meresmikan proyek PNPM di kecamatan Karangjambu, Senin (5/4) lalu, bupati menyambut gembira pilihan masyarakat dalam memprioritaskan pembangunan gedung TK. Apalagi selama ini anak-anak TK dilima desa itu memang belum memiliki gedung sendiri.

“Membangun gedung TK sama halnya dengan mempersiapkan generasi masa depan terbaik. Terus terang saya senang atas pilihan membangun gedung TK ini. Oleh karena itu sebagai bentuk dukungan, saya menyumbang Rp. 7,5 juta untuk menambah sarana prasarana bermain anak. Dengan lebih banyak alat bermain, anak akan lebih banyak belajar, mengasah kreatifitas, kemampuan sosial dan sejuta manfaat lainnya,” kata Triyono

Dalam laporannya, Sekcam Asmuni yang mewakili camat juga menyampaikan kesiapan masyarakatnya menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang jatuh pada tanggal 18 April 2010. Di Kecamatan Karangjambu, ada sebanyak 18.735 orang yang memiliki hak pilih dengan perincian laki-laki sebanyak 9.554 orang dan 9.181 perempuan. Dengan demikian, telah disiapkan 61 TPS untuk merealisasikan Pemilukada yang lancar. (Hr-RSP)

One thought on “PNPM Bangun Lima Gedung TK di Kecamatan Karangjambu

  1. PNPM Mandiri Perkotaan merupakan program nasional yang memang sangat membantu masyarakat ( terutama masyarakat miskin ), sekarang tinggal bagaimana masyarakat kita menyikapi dan dukungan dari pemerintah daerah . Semoga para relawan yang telah bekerja pada PNPM selalu diberi kekuatan lahir dan bathin oleh Allaah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s