Batik,Keris dan Wayang Khasanah Budaya Wajib Dilestarikan

Berita Purbalingga, 05 April 2010

Atribut Wayang dipajang di ruang tamu Radio Suara Perwira. Photo : Hr-RSP

PURBALINGGA (RSP) – Setelah mendapatkan pengakuan dunia melalui ketetapan UNESCO pada 5 Pebruari lalu, tiga aset budaya Indonesia yakni batik, Keris dan Wayang menjadi Khasanah Budaya yang wajib dilestarikan.

Di wilayah Jawa Tengah, upaya pelestarian ketiga aset budaya itu dikuatkan dengan peraturan Gubernur Jawa Tengah yang mewajibkan setiap kabupaten/Kota memasang atribut/identitas Batik, Keris dan Wayang. Paemasangan identitas tersebut sebagai bentuk kepedulian dan kebanggaan terhadap budaya tradisional Indonesia.

“Kami menghimbau kepada jajaran pemerintah kabupaten Purbalingga, baik SKPD, Kantor/ dinas dan lembaga lainnya, untuk memasang simbol Batik, Keris dan Wayang. Kebijakan ini sebagai bentuk motivasi bagi masyarakat, untuk selalu peduli terhadap khasanah budaya tradisional yang kita miliki. Apalagi terhadap budaya kita yang telah diakui oleh dunia,” kata Assinten Ekonomi Pembangunan Setda Purbalingga Drs. Kodadiyanto MM, pada upacara bendera luar biasa di halaman pendopo Dipokusumo, Senin pagi (5/4).

Dikatakan Kodadiyanto, pemkab Purbalingga selama ini telah mensosialisasikan cinta budaya kepada masyarakat, melalui pemasangan baliho lampu hias bergambar wayang Bawor di tempat – tempat umum, diantaranya di tugu Bancar dan terminal Purbalingga.(Dian/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s