Umat Katolik Purbalingga Ikuti Upacara Jum’at Agung

Berita Purbalingga, 2 April 2010

Romo Handy memimpin penghormatan salib pada upacara Jumat agung Gereja Katolik Santo Agustinus Purbalingga. Poto : Hr-RSP

PURBALINGGA (RSP) – Umat katolik Gereja Santo Agustinus Purbalingga, Jum’at sore (2/4) mengikuti peribadatan upacara Jumat Agung untuk mengenang wafat Yesus Kristus. Sebelumnya ratusan umat gereja itu telah melaksanakan Misa Kamis Putih memperingati perjamuan malam terakhir dan pembasuhan kaki para rosul.

Upacara Jumat Agung dipimpin oleh Romo Handy Kristian Adi Putra, Pr. dengan acara inti pembacaan pasio atau kisah sengsara Tuhan oleh empat orang petugas. Dilanjutkan dengan penghormatan salib dan ziarah/tabur bunga pada jenasah Yesus yang diperankan salah seorang umat gereja.

Dalam khotbahnya Romo Handy mengatakan rangkaian peringatan hari paskah kali ini ada yang berbeda yaitu dengan adanya rangkaian salib-salib kecil yang dibuat oleh umat. Salib kecil itu dipajang di pintu-pintu gereja dan ada yang ditempatkan didalam gereja. Mestinya pihak gereja mantarget ada 1001 salib, namun hanya terealisasi 870 salib yang terbuat dari berbagai bahan.

“Gereja dihiasi rangkaian salib kecil, untuk mempertebal dan memperdalam iman kita. Salib adalah tanda dan simbol paling suci. Kristus memilih salib sebagai jalan hidupnya, untuk memenangkan dan menyelamatkan jiwa kita,” kata Romo Handy.

Sementara ketua panitia paskah YF Tien Sumadyo mengatakan rangkaian peringatan Paskah telah dilaksanakan sejak Rabu (16/2) dimulai dengan penerimaan abu. Sejak saat itu umat katolik memulai masa pantang dan puasa selama empat puluh hari. Berikutnya pada Minggu (28/3) melaksanakan perayaan minggu palma.

Kegiatan lainnya yakni memasuki Tri Hari Suci pada hari Kamis malam (1/4) seluruh umat gereja mengikuti Misa Kamis Putih, Jum’at Sore (2/4) Upacara Jum’at Agung, Sabtu sore (3/4) Misa Malam Paskah dan terakhir Minggu pagi (4/4) Misa Paskah Pagi.
“Pada rangkaian peringatan paskah tahun ini kami juga mengadakan pameran dan seminar kain kafan. Pameran dilaksanakan 11 – 15 Maret dan Seminar Kain Kafan Yesus tanggal 16 Maret menghadirkan narasumber Pater Gabriel Antonelli, CP dari Jakarta,” jelas Tien Sumadyo.

Rencananya pelaksanaan misa malam paskah akan disiarkan langsung radio suara perwira pada frekwensi AM 1215 Khz mulai pukul 20.00 WIB. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s