Cabup/Cawabup Purbalingga, Adu Visi Misi

Berita Purbalingga, 1 April 2010

PURBALINGGA (RSP) – Visi dan Misi calon bupati/wakil bupati Purbalingga merupakan cikal bakal atau embrio rencana pembangunan jangka menengah. Oleh karena itu, visi misi ini penting untuk dipahami masyarakat pemilih dan merupakan hal yang strategis. Visi misi cabup/cawabup harus bisa dimengerti oleh rakyat karena menentukan arah pembangunan lima tahun kedepan.

Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga H Tasdi SH MM mengatakan, hari ini (1/4) merupakan jadwal bagi pasangan cabup/cawabup Purbalingga untuk menyampaikan visi misinya dihadapan anggota DPRD. Penyampaian visi misi cabup/cawabup dihadapan anggota DPRD Purbalingga ini sebagai tanda dimulainya masa kampanye yang akan berlangsung selama 14 hari.

“Pemilihan bupati/wakil bupati Purbalingga harus sukses. Dalam arti sukses tersebut mengandung 5 hal, yakni sukses secara yuridis, sukses partisipatif, sukses teknis, keamanan dan sukses memilih pemimpin yang mampu membawa Purbalingga lebih baik di masa depan,” kata Tasdi saat memimpin rapat paripurna DPRD.

Ketiga pasangan cabup/cawabup Purbalingga yang menyampaikan visi misinya yakni, pasangan Bambang Budi Surjono – Muhamad Wijaya, pasangan Heru Sudjatmoko – Sukento Rido Marhaendrianto dan pasangan Singgih Hidayat – Setyaningrum.

Pasangan no 1 BBS-Jaya yang mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi misi menekankan dijadikanya kabupaten Purbalingga sebagai kabupaten dengan ketahanan pangan. Penekanan program strategis yang akan dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan menjalankan revitalisasi pertanian untuk kesejahteraan petani.

“Untuk mendukung program ini, harus diupayakan peningkatan infrastruktur pertanian seperti irigasi dan jalan-jalan konektor, perluasan akses pasar dan peningkatan kemampuan tehnologi para petani utamanya dalam mengelola pertanian organik,” jelas BBS.

Sementara pasangan Heru-Kento menyampaikan visi-misi yang hampir sama dengan visi-misi Purbalingga saat ini.
“Visi pembangunan kabupaten Purbalingga tahun 2010-2015 pada prinsipnya merupakan kelanjutan dari visi pembangunan tahun sebelumnya. Hal ini mengingat di samping adanya berbagai keberhasilan yang telah dicapai dalam penyelenggaraan pembangunan tahap sebelumnya, masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. Yang sudah baik akan kami teruskan dan yang masih perlu peningkatan pasti akan kami tingkatkan,” tandas Heru Sudjatmoko yang berpasangan dengan Sukento Rido M mendapat nomor urut 2.

Sementara pasangan cabup/cawabup Singgih-Setyaningrum, selain menyampaikan visi-misi, pasangan no urut 3 ini juga mengingatkan agar bupati mendatang harus memegang 7 pakem.

Ketujuh pakem itu adalah bupati tidak ada artinya tanpa dukungan rakyat, bupati harus sadar bahwa pembangunan tidak ada artinya bila tidak ada konsep berkesinambungan. Bupati juga harus melanjutkan visi bupati lama dengan memasukan inovasi baru.

Pakem lainnya, lanjut Singgih yakni bupati harus peka mata dan telinga, dan harus mampu menyusun kebijakan publik yang benar demi kesejahteraan rakyat.
“Dalam era persaiangan global, menuntut bupati mendatang harus mempunyai jejaring nasional dan internasional. Bupati juga harus merupakan figur yang mengenal daerahnya,” kata Singgih.

Sesuai jadwal KPU, masa kampanye pemilukada Purbalingga akan berlangsung hari ini hingga 14 April. Ketiga pasangan calon melakukan kampanye terbuka dan tertutup secara bergiliran.

“Pasangan BBS-Jaya kampanye terbuka pada 2 April, Heru-Kento 4 April dan Singgih-Setyaningrum 5 April. Begitu seterusnya hingga 14 April. Khusus tanggal 3 April kami agendakan Debat Antar kandindat di gedung Bina Sejahtera,” terang ketua KPU Hery Sulistiono.

Sedangkan hari pemilihan dengan cara mencoblos akan diselenggarakan pada hari Minggu legi 18 April 2010 mendatang. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s