Jelang Kampanye, Bupati Terbitkan Aturan Lokasi kampanye

Berita Purbalingga, 25 Maret 2010
PURBALINGGA (RSP) – Mendekati masa kampanye pemilu kepala daerah bupati/wakil bupati Purbalingga yang dimulai 1 April mendatang, Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko menerbitkan Peraturan Bupati nomor 19 Tahun 2010, tentang Fasilitas Umum yang dapat digunakan sebagai tempat/lokasi kampanye pemilihan bupati/wakil bupati.
Adapun maksud diterbitkannya peraturan bupati tersebut adalah dalam upaya menjaga dan memelihara keamanan, ketertiban, keindahan serta kondusifitas wilayah, guna mensukseskan pemilukada 2010.
Hal ini disampaikan Sekda Purbalingga Drs Subeno, MM., saat membuka Seminar Sehari “Mewujudkan Pemilukada yang Demokratis, Aman, Damai dan Kondusdif digedung Dekopinda, Kamis (25/3)
Dituturkan Subeno, sukses pemilukada tidak hanya diukur dari kondisi keamanan dan ketertiban pelaksanaan pemilukada, tetapi jauh lebih bermakna adalah tingginya kadar pertisipasi politik rakyat serta akseptabilitas hasil pemilukada.
Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Satya Giri Podo menjelaskan, dengan dikeluarkannya perbup tentang lokasi kampanye diharapkan dapat diindahkan oleh masing-masing tim kampanye. Karena dalam perbup tersebut dijelaskan lokasi atau fasilitas umum yang dapat digunakan untuk berkampanye.
“Kami akan bertindak tegas kepada siapapun pasangan calon yang tidak mengindahkan Perbup tersebut,” kata Giri.
Dalam Perbup itu diatur lokasi untuk kampanye tertutup kebanyakan berada di gedung/aula milik koperasi, sedangkan untuk kampanye terbuka diijinkan untuk menggunakan lapangan desa/kelurahan. Sedangkan gedung atau aula balai desa /kelurahan tidak diperbolehkan dijadikan lokasi kampanye.
Ketua KPU Hery Sulistiono mengatakan, tahapan yang akan dilakukan KPU berikutnya adalah pengundian nomor urut pasangan calon. Kemudian masa kampanye tanggal 1 – 14 Maret 2010.
Seminar yang diselenggarakan oleh LPPM Purbalingga ini mengundang tiga narasumber, yakni Hery Sulistiono ketua KPUD Purbalingga, Basuki SH., ketua Panwas pemilukada dan Mite Setiansah MSi, ketua jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed Purwokerto.(Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s