Panusupan Siap Jadi Desa Wisata.

Berita Purbalingga, 24 maret 2010

PURBALINGGA (RSP) – Desa Panusupan kecamatan Rembang saat ini tengah dipersiapkan menjadi desa wisata baru di kabupaten Purbalingga. Desa Panusupan selama ini memiliki potensi pariwisata ziarah Petilasan Ardi Lawet.

Salah satu obyek wisata baru yang akan digarap serius adalah obyek wisata Curug Sungai Karang lebih kurang 4 km dari Balai Desa Panusupan. “Saat ini, bersama masyarakat kami mengembangkan obyek wisata baru berupa Curug Sungai Karang. Air terjun setinggi 100 meter ini sangat didukung oleh keindahan alam yang masih alami karena dikelilingi hutan pinus. Mudah-mudahan curug ini dapat menunjang keberadaan Desa Wisata,” kata Ny Surismi, Kepala Desa Panusupan yang juga istri mantan kades sebelumnya.

Menurut Kades Surismi, akses jalan menuju air terjun sepanjang 4 km dari balai desa telah dilebarkan menjadi 5 meter, meski masih berupa jalan tanah. Rencananya tahun ini akan dibangun 2 buah jembatan menggunakan dana bantuan ADD Rp. 70 juta dan swadaya masyarakat Rp. 20 juta.

Sementara jalan menuju pintu gerbang masuk Petilasan Ardi Lawet, telah ditingkatkan dengan rabat beton sepanjang 1 km. Dengan akses jalan tersebut pengunjung dapat memarkir kendaraanya di areal regol utama Ardi lawet. Khusus untuk wisata Petilasan Ardi lawet, pada tahun 2009 mampu menyumbang PAD Purbalingga sebesar Rp. 10 juta.

Kesiapan desanya menjadi Desa Wisata juga ditunjang keberadaan seni budaya yang masih hidup dikalangan masyarakat. Di bidang seni budaya, desa Panusupan memiliki potensi seni Kuda Lumping sebanyak 4 grup, Lengger lanang dan Slawatan. Bahkan Di desa tersebut terdapat seni tradisional “Manongan” yang hanya berkembang di Panusupan.

Seni “Manongan” adalah seni klasik yang diiringi musik terbang hasil perpaduan tradisi jawa dan Islam.  “Alhamdulillah, kami disuport oleh Disbudparpora yang selalu memberikan pembinaan bagi kesenian yang ada di desa kami. Kemarin kami mendapat pembinaan pengembangan seni manongan dan pihak dinas telah berjanji akan terus memberikan pendampingan,” kata Surismi.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, tambah Surismi, desa Panusupan telah siap diresmikan menjadi Desa Wisata baru di Purbalingga. “Potensinya sangat bagus karena sudah ada obyek wisatanya, keseniannya berkembang dan kerajinan tikarnya juga masih lestari. Pak Bupati (Triyono Budi Sasongko-red) berjanji akan meresmikan desa wisata seusai pilbup bersamaan dengan peresmian aula balai desa,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kabupaten Purbalingga berencana mengembangkan 2 desa wisata baru yakni desa Serang kecamatan karangreja dan desa Panusupan kecamatan Rembang. Sebelumnya kabupaten Purbalingga telah memiliki desa wisata Karangbanjar di kecamatan Bojongsari. (Hr-RSP)

7 thoughts on “Panusupan Siap Jadi Desa Wisata.

  1. SELAMAT DAN SUKSES untuk Kepala Desa Panusupan yang telah berupaya dengan serius dalam mewujudkan dea wisata, walaupun jauh dari kota, namun pola berpikirnya maju dan patut dibanggakan dan dicontoh oleh desa-desa lain yang ada di Purbalingga, untuk membangun desanya, terlebih lagi, apabila layak dijadikan DESA WISATA di Kabupaten Purbalingga.Impian serupa pernah juga saya mendengar di DESA SIRAU Kecamatan Karangmoncol Kab. Purbalingga, juga akan dijadikan DESA WISATA, akan tetapi sampai saat ini berita tersebut tidak jelas kelanjutannya. Semoga DESA SIRAU dapat juga mewujudkan harapan tersebut, yang pada akhirnya nanti dapat menjadi asset daerah wisata di Kabupaten Purbalingga semakin bertambah dan berkembang, yang muaranya dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar pada khususnya dan masyarakat Purbalingga pada umumnya. SEMOGA SUKES ……. Amiiiiiiinnn.

  2. Yang semestinya di lakukan kepala Desa Panusupan adalah menyetop masyarakatnya menggarap dan membabad hutan lindung yg berada di sekitar Ardi lawet dan wilayah panusupan pada umumnya, yg selama ini terkesan di biarkan legal di tanami kapolaga sehingga memusnahkan hutan sebagai cagar alam dan merusak lingkungan, ingat “ALAM TAK PERLU DI DANDANI DENGAN GINCU TEBAL OLEH MANUSIA AGAR SEMUA ORANG TERKAGUM, ALAM YANG TAK TERUSIK AKAN TUMBUH SESUAI PERINTAH SANG PENCIPTA MEMUKAU DIHADAPAN MANUSIA”

  3. Ping-balik: Berkunjung ke Tempat Wisata Ziarah Makam Ardi Lawet « (new) Iqmal Tahir's Blog

  4. Terima kasih Pemda Purbalingga yang sudah menetapkan Desa Panusupan sebagai Desa Wisata. Tapi bagaimana bisa berkembang dan maju, JALAN untuk menuju Desa Panusupan dan lokasi wisatanya saja seperti sungai kering.. KAPAN DIPERBAIKI???

  5. semoga cepat terwujud,bisa mengangkat perekonomian warga panusupan khususnya
    UNTUK manongan sangat membutuhkan sekali sponsor yang mau ikut melestsriksnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s