Tiga Bakal Paslon Bupati/Wakil Bupati, Lolos Tes Kesehatan

Berita Purbalingga, 20 Maret 2010

PURBALINGGA (RSP) – Setelah melaksanakan tes kesehatan oleh tim dokter IDI di RSUD Purbalingga pada 9-11 Maret 2010, akhirnya ketiga bakal pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati Purbalingga dinyatakan lolos tes kesehatan.

Rekomendasi dan hasil tes kesehatan telah diserahkan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Purbalingga dokter M Anshori kepada Ketua KPU Hery Sulistiyono pada Kamis (18/3). “Seperti disampaikan dalam rekomendasi, seluruhnya (Tiga paslon, red) dinyatakan sehat jasmani dan rohani. Mereka dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk maju dalam pemilukada,” kata Hery di ruang kerjanya, Sabtu (20/3).

Tes kesehatan bagi bakal paslon dilaksanakan mulai 9 Maret untuk paslon R Bambang Budi Surjono – Drs. Wijaya MM. Kemudian 10 Maret paslon Drs. H Heru Sudjatmoko Msi – Drs. H Sukento Rido Marhaendrianto MM. Berikutnya 11 Maret giliran paslon Ir Singgih Hidayat – Setyaningrum. “Alhamdulillah, tes kesehatan berjalan lancar. Hanya saja untuk calon wabup Setyaningrum terkait tes organ reproduksi agak tertunda, karena yang bertugas menangani sedang di luar kota. Namun akhirnya dapat dilaksanakan Senin (15/3),” jelas Hery.

Dikatakan Hery, hasil tes kesehatan itu selanjutnya akan menjadi salah satu kelengkapan berkas pencalonan paslon bupati/wakil bupati. KPU berencana melakukan penetapan bakal paslon Bupati/Wakil Bupati pada 23 Maret atau 24 Maret 2010. “Sebelumnya kami masih memberikan kesempatan kepada parpol pengusung, untuk melakukan verifikasi ulang berkas pencalonan. bilamana masih ada kekurangan masih dapat dilengkapi sebelum penetapan paslon,” kata Hery.

Apabila ketiga paslon lolos verifikasi dan ditetapkan menjadi pasangan calon Bupati/Wakil Bupati, maka pemilukada Purbalingga 18 April mendatang diikuti tiga paslon yakni BBS-Jaya yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai Matahari Bangsa (PMB), Heru-Kento (PDIP,PKS,PAN,PKB) dan Singgih-Setyaningrum (PDP,PPP dan Gabungan Partai Non Parlemen).

KPU akan melakukan pengundian dan penetapan nomor urut paslon pada 26 Maret. Selanjutnya mereka akan bertarung menyampaikan visi-misi pada masa kampanye dari tanggal 1- 14 April 2010.

Sementara anggota KPU Purbalingga Sri Wahyuni mengatakan pada pemilukada mendatang, KPU telah menetapkan  DPT kabupaten Purbalingga berjumlah 689.384 pemilih.  Sedangkan jumlah TPS 1731, meliputi 1729 TPS Reguler dan 2 TPS ditempat khusus yakni di LP dan RSUD Purbalingga.

Sri Wahyuni  berharap bagi masyarakat yang berada di RSUD dan ingin menyalurkan hak pilihnya di TPS khusus,  secara aktif untuk datang ke TPS domisili dan meminta KPPS agar dibuatkan Surat Keterangan Pindah Memilih. Dengan surat itu pemilih dapat mencoblos di TPS khusus. “Bagi yang di LP, semestinya anggota keluarga dapat membantu mengurus persyaratan itu,” kata Wahyuni. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s