Cabup/Cawabup Heru – Kento Periksa Kesehatan

Berita Purbalingga, 10 Maret 2010
PURBALINGGA (RSP) – Bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Heru Sudjatmoko – Sukento Rido Marhaendrianto (Heru-Kento), Rabu siang (10/3) menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Purbalingga. Pemeriksaan kesehatan cabup/cawabup sebagai upaya mengetahui apakah cabup/cawabup bersangkutan sehat jasmani dan rohaninya.

Kedatangan pasangan Heru-Kento di RSUD tidak bersamaan. Cabup Heru Sudjatmoko datang  pukul 08.40 baru kemudian disusul cawabup Sukento pada pukul 08.50. Mereka disambut Ketua KPU Hery Sulistiyono, Direktur RSUD Nonot Mulyono dan Tim Dokter RSUD.

Seperti yang disyaratkan, kedua calon pemimpin Purbalingga ini harus menjalani pemeriksaan intensif oleh Tim Dokter RSUD diketuai oleh dr HM Ansori.
Sekretaris Tim Dokter RSUD, dr T Krisna Wibowo Mkes mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi cabup/cawabup berlangsung tiga hari tanggal 9 – 11 Maret. Setiap cabup/cawabup akan diperiksa oleh 10 dokter spesialis RSUD, kecuali satu dokter spesialis kesehatan jiwa di ambilkan dari IDI Banyumas.
“Kita jadwalkan, pemeriksaan terhadap semua pasangan masing-masing butuh waktu hingga 4 jam. Tapi initergantung kondisi masing-masing. Terutama untuk pemeriksaan jiwa, biasanya akan memakan waktu cukup lama,” kata Krisna.

Dokter Krisna merinci, setiap pasangan calon datang ke RSUD kemudian diadakan briefing untuk memberitahukan pemeriksaan apa saja yang akan dilakukan. Setelah itu dilakukan pengambilan sempel darah pertama,lalu foto ronsen dada, USG perut. Kemudian mereka dipersilahkan untuk mengisi bahan bakar (makan pagi-red) lalu pemeriksaan mata, THT, pemeriksaan penyakit dalam, saraf dan terakhir pemeriksaan jiwa.

“Khusus untuk calon wanita juga dilakukan pemeriksaan papsmear. Namun karena dokternya dalam minggu ini sedang melaksanakan seminar, sehingga pemeriksaan papsmear baru akan dilakukan 15 Maret di Rumah Bersalin Panti Nugroho,” katanya

Sementara itu Katua KPU Purbalingga Hery Sulistiyono mengungkapkan sesuai tahapan pemilukada pihaknya melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi para cabup/cawabup hingga 11 maret. Kemarin (9/3), Tim dokter telah memeriksa pasangan Bambang Budi Surjono – Wijaya (BBS-Jaya) dan hari ini pasangan Heru-Kento.

“Setelah seluruhnya selesai, tim dokter akan menyampaikan hasil pemeriksaan langsung kepada KPU. Hasilnya juga akan diumumkan oleh tim dokter didampingi KPU. Namun seluruh berkas pemeriksaan tetap dipegang tim dokter karena merupakan rahasia dokter dan pasien. Kami hanya akan menerima satu lembar hasil pemeriksaan dokter,” kata Hery sembari menambahkan waktu pengumuman masih harus menunggu tim dokter merumuskan hasil pemeriksaan.

Pemeriksaan kesehatan cabup-cawabup masih akan dilaksanakan besok terhadap pasangan Singgih Hidayat – Setyaningrum.(Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s