KPU Verifikasi Berkas Administrasi Paslon Bupati/Wakil Bupati.

Berita Purbalingga, 05 Maret 2010.

PURBALINGGA (RSP) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) purbalingga, Kamis (4/3) kemarin menyelesaikan proses pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati/wakil bupati Purbalingga untuk pemilukada 18 April 2010. Tiga paslon Cabup/cawabup telah terdaftar sebagai peserta pemilukada. Yakni paslon Bambang Budi Surjono – M Wijaya (BBS-Wijaya), Heru Sudjatmoko – Sukento Rido Marhaendriyanto (Heru-Kento) dan Singgih Hidayat – Setyaningrum (Singgih-Setyaningrum).
Ketua KPU Purbalingga Hery Sulistiyono mengungkapkan, setelah proses pendaftaran selesai, mulai hari ini (5/3), KPU melakukan verifikasi berkas administrasi surat pencalonan dan persyaratan paslon hingga 10 Maret.
“Penelitian kami lakukan terhadap kelengkapan dan keabsahan berkas administrasi surat pencalonan dan persyaratan masing-masing calon. Kalau ditemukan keganjilan dan dugaan ketidakbenaran terhadap data yang ada, kami akan klarifikasi kepada pihak-pihak yang berwenang,” jelas Hery.
Menurut Hery, pasangan calon masih memiliki kesempatan memperbaiki atau menambah kelengkapan berkas hanya pada berkas yang dinyatakan tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat. Sedangkan bila berkas telah dinyatakan memenuhi syarat, pasangan calon tidak boleh mengubah kembali berkas persyaratannya.
“Begitu pula dengan partai politik atau gabungan parpol pengusung. Mereka dilarang mengubah atau memindahkan dukungan atau merubah komposisi kepengurusan,” tambahnya.
Selama proses pencalonan, KPU juga akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan pasangan calon yang jadwalnya akan diatur kemudian. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim pemeriksa khusus yang ditunjuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan dilaksanakan di RSUD Purbalingga.
“Untuk keperluan tes kesehatan, seluruh biaya telah dianggarkan oleh KPU sehingga semua pasangan calon tidak perlu membayar alias gratis,” ungkap Hery.
Proses berikutnya adalah penetapan paslon. Sesuai aturan pengumuman paslon yang memenuhi syarat dilakukan paling lambat 7 hari sejak selesainya penelitian ulang. Sehingga KPU menjadwalkan penetapan paslon tanggal 24 – 25 Maret. Sedangkan pengundian nomor urut paslon akan dilaksanakan pada 26 Naret 2010. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s