Pusat Sejarah TNI, Bantu Buku Jenderal Soedirman

Berita Purbalingga, 02 Maret 2010-03-02

PURBALINGGA (RSP) – Pusat sejarah TNI memberikan bantuan buku-buku sejarah perjuangan dan amanat panglima besar Jenderal Soedirman kepada Museum Tempat Lahir Jenderal Soedirman Purbalingga. Sedikitnya 50 judul buku dan kumpulan amanat jenderal Soedirman diserahkan untuk melengkapi koleksi perpustakaan yang ada di Museum itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Purbalingga Suyitno membenarkan pemberian buku tersebut untuk menambah koleksi perpustakaan Pangsar Soedirman.

“Tadi pagi (2/3) kami baru menerima tambahan koleksi buku-buku Jenderal Soedirman dari Kepala Pusat Sejarah TNI Bridgen Pandoyo. Penyerahannya di aula Museum Soedirman desa Bantarbarang kecamatan Rembang,” ungkap Suyitno.

Sementara, terkait kondisi aula Museum Soedirman yang masih memprihatinkan karena menjadi sarang ribuan kelelawar, Suyitno mengungkapkan berbagai cara sudah dilakukan untuk mengusir binatang itu tetapi belum berhasil. Akibatnya, kondisi aula menjadi kumuh dan bau kotoran kelelawar.

“Kami sudah upayakan dengan berbagai cara. Pernah dilakukan dengan penyemprotan, pengasapan atau ditangkap satu-satu. Bahkan kami pernah menggunakan jasa pawang, namun sampai saat ini masih menjadi sarang kelelawar,” jelas Suyitno.

Sebetulnya pihak Disbudparpora juga sudah merencanakan mengganti atap aula dengan seng, dengan anggaran dana sekitar Rp. 50 juta, namun usulan tersebut belum disetujui dalam APBD 2010.

Padahal di lokasi tersebut sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti AC, multimedia, dan soundsistem. Kelengkapan tersebut akan digunakan untuk memutar film-film perjuangan Panglima Besar Soedirman. (Umang/Hr-RSP)

One thought on “Pusat Sejarah TNI, Bantu Buku Jenderal Soedirman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s