Musim Panen Tiba, PD PUSPAHASTAMA Kekurangan Dana.

Berita Purbalingga, 02 Maret 2010

Petani di Purbalingga masuki masa Penen (doc)

PURBALINGGA (RSP) – Perusahaan Daerah (PD) Pusat Pengolahan Hasil Pertanian Utama (Puspahastama) Purbalingga saat ini membutuhkan dana untuk membeli gabah hasil panen petani. Pasalnya pemkab Purbalingga dalam tahun 2010 ini tidak memberikan dana talangan untuk pengadaan gabah. Padahal untuk pembelian gabah guna memenuhi gudang, Puspahastama minimal harus memiliki dana senilai Rp. 12 miliar.

“Masa-masa sekarang, kami memang sangat membutuhkan dana segar untuk membeli gabah petani. Karena saat ini sebagian petani di Purbalingga sudah mulai panen,” ungkap Direktur Puspahastama Wachdiyono.

PD Puspahastama, saat ini baru mendapatkan dana talangan dari provinsi senilai Rp. 2,1 miliar. Dana talangan provinsi ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yang besarnya Rp. 3 miliar.
“Saat ini harga gabah kering panen Rp. 2.600/kg dan harga gabah kering giling Rp. 3.000/kg. Jadi dana itu (provinsi-red) hanya mampu untuk pengadaan 600 ton gabah kering giling. Padahal kapasitas gudang kami mencapai 3000 ton gabah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Purbalingga Mukodam mengatakan, pemberian dana talangan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah diberikan bagi kabupaten/kota yang memiliki bulog atau BUMD yang mengurusi ketersediaan stok beras. Sedangkan kriterianya meliputi tepat pengembalian, tepat penggunaan dan berdasarkan luasan panen. “Karena Puspahastama dinilai sesuai kriteria maka tahun ini mendapat kembali. Dan dana itu akan diserahkan kepada Puspahastama selaku BUMD yang menampung gabah petani,” jelas Mukodam.

Seperti diketahui, untuk pengadaan gabah selama ini PD Puspahastama telah bekerjasama dengan beberapa kelompok tani, diantaranya klomtan desa Sokanegara kecamatan Kejobong, Kedungjati (Bukateja), Karangjambe (Padamara), Majapura (Bobotsari), Kelurahan Penambongan (Purbalingga) dan tiga desa di kecamatan Kemangkon yakni Senon, Toyareka dan Jetis. (Umang/Hr-RSP)

2 thoughts on “Musim Panen Tiba, PD PUSPAHASTAMA Kekurangan Dana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s