10 Klomtan Menerima Bantuan Penerapan SRI

Berita Purbalingga, 1 Maret 2010.

PURBALAINGGA – 10 kelompok tani di kabupaten Purbalingga menerima bantuan pemerintah pusat melalui Ditjen Pengelolaan Lahan dan Air (Ditjen PLA). Ke 10 kelompok ini akan menerima pelatihan, bibit, pupuk dan rumah kompos. Mereka merupakan kelompok tani Sirandu dan Sidodadi kecamatan Bukateja, Sri Lestari desa Penolih Kaligondang, Sri Mupangati dari desa Karangturi Mrebet. Lainnya kelompok tani dari desa Senon dan Karangtengah Kemangkon, desa Toyareja dan kelompok Cikalong Jatisaba Purbalingga, desa Karangjambe Padamara dan kelompok tani Mulya desa Limbasar Kecamatan Bobotsari.
Kepala Dinas Pertanian Purbalingga Lili Purwati menuturkan, alat pembuat kompos (APO) yang diberikan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk memproduksi pupuk organik. Kelebihan alat itu tidak saja mampu membuat kompos dari jerami, tetapi termasuk pelepah pohon pisang dan kelapa.
Sementara Kasubid Optimalisasi Lahan Ditjen PLA Ir Agus Susewo menjelaskan, untuk kabupaten Purbalingga pengembangan SRI diberikan bagi 10 kelompok dengan luas lahan 200 ha. “Ditjen PLA akan memastikan lahan SRI ini full organik. Namun bila belum dapat full organik, maka pembinaan akan diteruskan sampai petani benar-benar menerapkan full organik,” terang Agus.
Penerapan SRI memiliki 5 keunggulan, yakni hemat benih, karena 1 lubang hanya ditanami 1 batang, hemat air, karena tidak perlu sampai menggenang, hemat biaya, produksi tinggi dan ramah lingkungan.
“Pembinaan dan pelatihan bagi kelompok tani penerima bantuan pengembangan SRI berlangsung selama 6 hari, mulai hari ini sampai 6 Maret 2010. Pembukaannya dilakukan oleh kepala Dispertanhut Purbalingga Lili Purwati, di aula Hotel Kencana,” kata Agus. (Umang/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s