Peringati Maulud Nabi, Santri Diniah Assalaam Kunjungi Panti Asuhan.

Berita Purbalingga – 25 Pebruari 2010


PURBALINGGA – Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 12 Rabi’ul Awal 1431 Hijriah, diperingati sejumlah santri Diniah Assalaam Perumahan Puri Babakan Kecamatan Kalimanah, Kamis sore (25/2). Acara peringatan ditandai dengan kunjungan silaturahmi ke Panti Asuhan Daarul Istiqomah Babakan yang berada tak jauh dari komplek perumahan itu. Meski harus berjalan kaki, tetapi para santri yang kebanyakan seusia anak Taman Kanak Kanak dan SD, terlihat ceria. Mereka didampingi para pengasuh Diniah Assalaam dan kedatangannya diterima langsung oleh anak-anak panti dan sejumlah pengurus.

Pengasuh Diniah Assalaam, ustadz Dianto menuturkan dipilihnya kegiatan silaturahmi ke panti asuhan dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada para santri agar dalam menjalani masa kanak-kanak selalu diisi dengan belajar dan beribadah. Mereka juga diajak untuk mengerti kegiatan teman-temannya di panti asuhan.
“Kita mengetahui anak-anak yang ada di panti asuhan tentu jauh dari orang tua dan keluarganya. Ini akan menjadi motivasi bagi anak-anak (santri-red) agar mereka mampu mandiri. Bahkan harus lebih baik lagi karena anak-anak masih diawasi langsung oleh orang tuanya,” Ujar Dianto.

Selain itu, momentum peringatan Maulud Nabi juga digunakan para pengasuh untuk menanamkan keteladanan sejak dini kepada para santri. Mereka dibimbing untuk memiliki rasa peduli dan saling berbagi dengan abak-anak yang kurang beruntung.
“Selain bersilaturahmi, anak-anak juga belajar beramal. Kemarin mereka mengumpulkan mie instan secara sukarela. Alhamdulillah terkumpul sekitar 150 bungkus mie dan beberapa kg beras. Tak banyak memang, tetapi ini merupakan pembelajaran bagi anak-anak,” Jelas Dianto

Sebelumnya, para santri menyelenggarakan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Masjid Assallam, dengan diisi pembacaan puisi religi, cerita masa kanak-kanak Nabi, makan Takir bersama dan diakhiri dengan kunjungan silaturahmi ke Panti Asuhan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Panti Asuhan Daarul Istiqomah H M Soedjarto menuturkan, saat ini panti asuhan yang berdiri tahun 2002 memiliki 50 anak asuh. Mereka sedang menimba ilmu di SD/MI sebanyak 3 anak, tingkat Tsanawiah 9 anak dan sisanya bersekolah di SLTA. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s